TINJAUAN TENTANG KETURUTSERTAAN ISTRI DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI PUTUSAN PN SURAKARTA NO.320/ PID.B/ 2006/ PN.SKA)

NOVIANTO, DEDIK (2009) TINJAUAN TENTANG KETURUTSERTAAN ISTRI DALAM TINDAK PIDANA PERKOSAAN YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI PUTUSAN PN SURAKARTA NO.320/ PID.B/ 2006/ PN.SKA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (391Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keturutsertaan istri dalam tindak pidana perkosaan yang dilakukan suami terhadap anak dibawah umur dalam putusan No.320/ PID.B/ 2006/ PN.SKA di Pengadilan Negeri Surakarta serta untuk mengetahui implementasi pemidanaan terhadap tindak pidana perkosaan dalam perkara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, yaitu berupa pengumpulan data sekunder yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti dan digolongkan sesuai dengan katalogisasi. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, penulis menganggap bahwa perbuatan Saksi Novi telah memenuhi unsur-unsur penyertaan dari Pasal 56 ayat (2) yang menyatakan bahwa akan dipidana sebagai pembantu kejahatan bagi mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan. Namun dalam hal ini Hakim hanya menjatuhkan pidana kepada Terdakwa sedangkan Novi (istri Terdakwa) hanya sebagai saksi dalam persidangan tersebut. Pidana yang dijatuhkan oleh Hakim kepada Terdakwa adalah pidana penjara 6 (enam) tahun dipotong masa tahanan dan denda Rp. 60.000.000.00 (enam puluh juta rupiah) subsidair 6 (enam) bulan kurungan penjara. Putusan Majelis Hakim tersebut lebih ringan daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum yaitu meminta agar Majelis Hakim memutus Terdakwa dengan pidana penjara selama 9 (sembilan) tahun dengan dikurangi selama Terdakwa berada dalam tahanan sementara. Hal ini karena dalam mengambil Putusan Hakim telah dipengaruhi hal-hal yang meringankan dan maupun hal-hal yang memberatkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Penulis mengharapkan bahwa terhadap perkara-perkara perkosaan terutama dengan korban anak yang masih di bawah umur Hakim dapat menjatuhkan pidana yang seberat-beratnya terhadap pelaku. Aparat penegak hukum harus lebih cermat, jeli dan tegas dalam menangani suatu tindak pidana sehingga dapat mengungkap dan memberikan sanksi pidana terhadap semua pihak yang terlibat dalam tindak pidana tersebut. Kata Kunci : Perkosaan, Penyertaan, Pidana.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 05:08
    Last Modified: 24 Aug 2013 05:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10601

    Actions (login required)

    View Item