PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SD NEGERI BARENGAN KECAMATAN TERAS TAHUN 2009/2010

BADRIYAH, SITI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SD NEGERI BARENGAN KECAMATAN TERAS TAHUN 2009/2010. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (430Kb)

    Abstract

    Sebagai salah satu komponen pembelajaran, media adalah merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran yang diawali dengan penyusunan rancangan pembelajaran. Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang belum memanfaatkan penggunaan media dengan tepat. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa Sekolah Dasar, penulis berusaha untuk bisa menarik dan membangkitkan semangat kepada anak dengan menggunakan media gambar. Media gambar ternyata bisa membantu anak untuk membuat kalimat sesuai dengan pesan yang terkandung dalam gambar. Gagne dan Briggs (dikutip Arsyad, 2002) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran antara lain terdiri atas : buku, tape recorder, film, foto, grafik, kaset, video kamera, televisi, komputer dan lain-lain. Jadi media adalah komponen sumber belajar atau peralatan siswa untuk belajar. Dalam Depdiknas (2003) dinyatakan bahwa media pembelajaran adalah media pembelajaran yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang sudah dirumuskan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:45
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10596

    Actions (login required)

    View Item