STUDI TENTANG KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMA NEGERI I KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2004/2005

Mariyanto, (2006) STUDI TENTANG KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMA NEGERI I KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2004/2005. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (374Kb)

    Abstract

    Mariyanto. STUDI TENTANG KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SMA NEGERI I KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2004/2005. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2006. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat pemahaman guru mengenai KBK. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kesiapan guru dalam menerapkan KBK. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan profesionalisme guru dalam menjalankan sistim KBK. (4) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam menerapkan KBK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah guru di SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2004/2005. Teknik sampling yang digunakan bersifat purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta menggunakan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis interaktif (Interactive of analysis). Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menyebutkan bahwa guru dalam menjalankan KBK masih dalam tahap penyesuaian atau adaptasi namun guru telah memiliki kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan KBK, guru sudah bersikap profesional dalam menjalankan KBK. Dalam menjalankan KBK guru mengalami beberapa hambatan diantaranya jumlah siswa yang belum sesuai dengan KBK, sarana dan prasarana yang masih dirasa kurang dan sikap dari peserta didik yang masih pasif belum dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara maksimal dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:26
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10591

    Actions (login required)

    View Item