EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

ASTUTI, SRI YARSI (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (705Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pada kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 sebanyak 38 siswa dengan komposisi 19 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik evaluasi berupa tes. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 75% dan meningkat menjadi 89,19% pada siklus II; (2) Keaktifan siswa selama apersepsi pada siklus I sebesar 52,63% dan meningkat menjadi 63,16% pada siklus II; (3) Keaktifan selama pembelajaran pada siklus I sebesar 73,68% dan meningkat menjadi 84,21 pada siklus II; (4) Keaktifan/peran siswa dalam kelompok sebesar 71,05% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,59% pada siklus II. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, prestasi belajar, akuntansi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:26
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10589

    Actions (login required)

    View Item