IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus Pada Program Bahasa di SMA Negeri 1 Kabupaten Sukoharjo)

MUSTIKANINGSIH, NUR ISWATI (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus Pada Program Bahasa di SMA Negeri 1 Kabupaten Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (426Kb)

    Abstract

    KTSP SMA di Kabupaten Sukoharjo disosialisasikan tanggal 7 Pebruari 2007 melalui Kepala Sekolah, dilanjutkan tanggal 5 Maret 2007. Pada sosialisasi 6 kedua dihadiri oleh Kepala Sekolah dan tiga guru bidang studi yang mewakili sekolah masing-masing. KTSP di SMA lain seperti SMA 69 Jakarta telah melaksanakan KTSP mulai awal tahun pelajaran 2006/2007. Sedangkan Kabupaten Sukoharjo baru melaksanakan KTSP pada tahun pelajaran 2007/2008 sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Pada awal ditetapkannya KTSP di Kabupaten Sukoharjo khususnya mata pelajaran sejarah, banyak guru yang kurang paham dengan standar isi dalam materi pembelajaran sejarah untuk program bahasa. Di samping itu kurangnya sarana prasarana yang mendukung seperti buku-buku yang relevan dengan materi sejarah program bahasa masih sangat terbatas. Ketidakmampuan guru sejarah dalam memahami KTSP sejarah program bahasa mengkibatkan penafsiran yang berbeda terhadap materi pelajaran sejarah

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:17
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10585

    Actions (login required)

    View Item