PENGARUH KORTIKOSTEROID DOSIS RENDAH TERHADAP HITUNG LIMFOSIT DI LIEN MENCIT BALB/C MODEL SEPSIS PAPARAN LIPOPOLISAKARIDA

Azizah, Noer (2009) PENGARUH KORTIKOSTEROID DOSIS RENDAH TERHADAP HITUNG LIMFOSIT DI LIEN MENCIT BALB/C MODEL SEPSIS PAPARAN LIPOPOLISAKARIDA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (434Kb)

    Abstract

    Kortikosteroid banyak digunakan dalam pengobatan inflamasi karena kemampuannya dalam berinteraksi dengan respon imun (Djillali et al., 2003; Huiqing et al., 2007). Penggunaan kortikosteroid dosis rendah pada sepsis tahap awal masih menjadi perdebatan (Djillali et al., 2002). Telah diterangkan bahwa penggunaan kortikosteroid dosis tinggi jangka pendek tidak menunjukkan efek yang bermakna. Namun banyak penelitian baru yang menggunakan dosis lebih rendah jangka panjang dan memperlihatkan efek yang bermakna. Efek positif ini juga dapat memulihkan syok, menurunkan disfungsi sistem organ dan menurunkan tingkat mortalitas (Goodman et al., 2002). Titik tangkap pemberian kostikosteroid dosis rendah pada sepsis adalah mengurangi respon inflamasi sistemik, sebagai vasopressor, menghambat produksi sitokin proinflamasi, mediator-mediator inflamasi, dan menurunkan adhesi lekosit ke endotel ( Djillali dan Caillon, 2003; Rhen dan Cidlowski, 2005). 5 Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas penulis ingin meneliti kemampuan kortikosteroid dosis rendah dalam kejadian sepsis sebagai proses penurunan sistem imun akibat apoptosis limfosit sebagai penyebab utamanya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:13
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10583

    Actions (login required)

    View Item