ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA KAWASAN PENDIDIKAN DI CENGKLIK SURAKARTA (Trip Attraction Model Analysis for School Area in Cengklik Surakarta)

Yuliani, (2004) ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA KAWASAN PENDIDIKAN DI CENGKLIK SURAKARTA (Trip Attraction Model Analysis for School Area in Cengklik Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (573Kb)

    Abstract

    YULIANI,2004, Analisis Model Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Pendidikan di Cengklik, Surakarta, Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Salah satu kawasan pendidikan di kota Surakarta adalah kawasan pen didikan di Cengklik, dimana tersedia sarana pendidikan informal seperti lembaga pendidikan (tempat kursus), serta pendidikan formal mulai dari SD sampai dengan Perguruan Tinggi. Banyaknya bangunan sekolah di kawasan Cengklik tentulah mempunyai pengaruh yan g besar terhadap banyaknya tarikan perjalanan di arae ini. Banyaknya bangunan sekolah pada kawasan tersebut tentulah mempunyai pengaruh yang besar terhadap banyaknya tarikan perjalanan di kawasan tersebut, perjalanan ke sekolah inipun turut mewarnai pola waktu puncak perjalanan, sehingga perlu dianalisis mengenai model tarikan perjalanan yang menuju ke kawasan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan model tarikan perjalanan pada kawasan Cengklik Surakarta, yang nantinya diharapkan dapat digunakan untuk memperkirakan banyaknya tarikan yang menuju kawasan tersebut dimasa mendatang, sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul akibat tarikan perjalanan itu. Pengambilan data primer pada penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan cara membagikan kuisioner kepada penghuni sekolah, sedangkan data sekunder diperoleh dari pihak sekolah, metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan jumlah tarikan perjalanan total sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah jumlah siswa, jumlah guru/karyawan, luas lahan, dan luas bangunan, serta jumlah tarikan perjalanan berdasarkan moda yang digunakan sebagai variabel terikat dengan variabel bebas jumlah penghuni, luas lahan, luas bangunan, kepemilikan kendaraan, serta memperhitungkan faktor biaya, jarak dan waktu tempuh. Hasil dari analisis model menunjukkan bahwa model tarikan perjalanan yang paling dapat merepresentasikan realita yang ada adalah bentuk model untuk perjalanan total dengan bentuk pemodelan Y= 3.926+0.971X1+2.678E-3X4 yang mempunyai nilai R2 sebesar 0.996. hal ini berarti bahwa 99.6% jumlah tarikan perjalanan total dapat dijelaskan oleh variabel X1=jumlah siswa dan X4=luas bangunan,sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel -variabel yang lain, bentuk model untuk tarikan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dengan bentuk pemodelan Y= -4.594 + 0.347X1 +3.756-3X3+ 0.273X5- 0.921X8 yang mempunyai nilai R2 sebesar 0.995. hal ini berarti bahwa 99.5% jumlah tarikan perjalanan dengan sepeda motor dapat dijelaskan oleh variabel X1=jumlah penghuni, X3=luas bangunan, X5=jumlah pemilik sepeda motor, dan X8= jumlah responden yang memilih alasan biaya lebih murah dalam alasan pemilihan moda, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel -variabel yang lain. Selain bentuk model diatas bentuk model untuk Tarikan Perjalanan dengan Bus juga dapat merepresentasikan realita yang ada dengan bentuk pemodelan Y= 7.351 – 1.23E-3X2 – 0.726X4 – 1.770X6 yang mempunyai nilai R2 sebesar 0.978. hal ini berarti bahwa 97.8% jumlah tarikan perjalanan dengan bus dapat dijelaskan oleh variabel X3=luas lahan, X4=jumlah pemilik sepeda, X6=jumlah pemilik mobil, jumlah responden tidak punya kendaraan, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel -variabel yang lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 04:05
    Last Modified: 24 Aug 2013 04:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10581

    Actions (login required)

    View Item