ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DILIHAT DARI VARIABILITAS RETURN SAHAM

Hariwibowo, Rully Legha (2010) ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN PERGANTIAN CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) DILIHAT DARI VARIABILITAS RETURN SAHAM. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini menguji reaksi pasar terhadap pengumuman pergantian CEO (Chief Executive Officer) untuk melihat kandungan informasi dari pergantian CEO. Reaksi pasar dilihat dengan menggunakan indikator variabilitas return saham (SRV). Pergantian CEO diklasifikasikan menjadi beberapa jenis: pergantian dengan inside dan outside, rutin dan nonrutin, rutin inside dan rutin outside, nonrutin inside dan nonrutin outside. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang melakukan pengumuman pergantian CEO selama periode 1992-2003. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t beda dua mean. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya kandungan informasi atas pergantian CEO, yang ditunjukkan dengan adanya reaksi pasar selama periode pangamatan terhadap pergantian secara rutin dengan inside CEO dan pergantian secara nonrutin dengan outside CEO. Sedangkan dari pengujian tambahan yang dilakukan, memperlihatkan hasil yang sama bahwa terdapat kandungan informasi atas pergantian CEO, yang ditunjukkan dengan adanya reaksi pasar terhadap pergantian nonconfounding effect, pergantian rutin dengan inside CEO, pergantian nonrutin, dan pergantian nonrutin dengan outside CEO. Kata kunci: Pergantian CEO (Chief Executive Officer), inside dan outside CEO, pergantian rutin dan nonrutin, variabilitas return saham (SRV)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:54
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10575

    Actions (login required)

    View Item