PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS1 DITINJAU DARI INTELIGENSIA SISWA DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA (SUATU PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

RAHAYU, SAPTANTI (2008) PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS1 DITINJAU DARI INTELIGENSIA SISWA DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA (SUATU PENELITIAN TINDAKAN KELAS). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (613Kb)

    Abstract

    SAPTANTI RAHAYU.NIM. S 880907022.PENGGUNAAN METODE QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DITINJAU DARI INTELIGENSIA SISWA DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA(SUATU PENELITIAN TINDAKAN KELAS).Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar, aktivitas siswa dan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat melalui metode pembelajaran quantum teaching. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing- masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan, bahwa: (1)Pembelajaran Geografi dengan mempergunakan metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswadengan semua tingkatan intelegensia dalam mata pelajaran Geografi, (2) Pembelajaran Geografi dengan mempergunakan quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa pada semua tingkatan intelegensia, dan (3) Pembelajaran Geografi dengan metode quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modelpembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar, aktivitas dan kemampuan menyampaikan pendapat di muka umum pada siswa dalam mata pelajaran Geografi. Daya serap siswa terhadap mata pelajaran Geografi pada akhir siklus I hanya mencapai 66,6 %, sedangkan pada akhir siklus II mencapai 90,9 %.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:48
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10571

    Actions (login required)

    View Item