HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN PEMANFAATAN KEPESERTAAN ASKESKIN DI PUSKESMAS NGLIPAR II GUNUNGKIDUL

Yulianto, Susilo (2008) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN KELUARGA DENGAN PEMANFAATAN KEPESERTAAN ASKESKIN DI PUSKESMAS NGLIPAR II GUNUNGKIDUL. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (399Kb)

    Abstract

    Susilo Yulianto, S540907024. 2008. Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Keluarga Dengan Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin Di Puskesmas Nglipar II Gunungkidul. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian awal untuk penelitian selanjutnya yang terkait dengan peranan Pendidikan Profesi Kesehatan dalam Program JPKMM, yang apabila dilihat dari jenisnya ialah penelitian kuantitatif non eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pendapatan keluarga dengan pemanfaatan kepesertaan Askeskin di Puskesmas Nglipar II Gunungkidul. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga terhadap Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin di Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul. Data primer diambil dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan program SPSS (Statistical Package for Social Sciences). Langkah pertama adalah melakukan analisis regresi, kemudian dilanjutkan dengan analisis uji t dan uji F. Hasil analisis dengan program SPSS dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Secara parsial ada hubungan positif dan signifikan antara variabel Tingkat Pendidikan terhadap Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin dan hubungan negatif dan signifikan anatara Pendapatan Keluarga terhadap Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin. Hal ini dapat dilihat dari hasil t hitung masing-masing variabel sebagai berikut: Tingkat Pendidikan terhadap Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin, thitung sebesar -2,458 < -ttabel sebesar 1,960; Pendapatan Keluarga terhadap pemanfaatan Kepesertaan Askeskin, thitung sebesar -2,458 < -t tabel sebesar -1,960, pada level of significance 5%. 2) Ada hubungan secara simultan anatar variabel Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga dengan Pemanfaatan Kepesertaan Askeskin, yang dilanjutkan dengan Fhitung sebesar 6,938 > Ftabel sebesar 2,45 (Ȑ= 0,000). Oleh karena kedua variabel berhubungan dan signifikan dengan pemanfaatan kepesertaan Askeskin di Puskesmas Nglipar II Gunungkidul, maka perlu peningkatan maka perlu peningkatan sosialisasi program, ketepatan dalam penetapan sasaran, pendekatan fasilitas pelayanan kesehatan dan peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Nglipar II Kabupaten Gunungkidul.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Users 855 not found.
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:45
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10569

    Actions (login required)

    View Item