TATA KEARSIPAN DI DINAS PERSONALIA DAN UMUM PT ANGKASA PURA I (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SURAKARTA

Oktaviani, Wahyu Deri (2010) TATA KEARSIPAN DI DINAS PERSONALIA DAN UMUM PT ANGKASA PURA I (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (648Kb)

    Abstract

    WAHYU DERI OKTAVIANI D1507130,” TATA KEARSIPAN DI DINAS PERSONALIA DAN UMUM PT.ANGKASA PURA I (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA ADI SOEMARMO SURAKARTA”,Program Studi Manajemen Administrasi Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.2010. 61 Halaman. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang system pengelolaan dokumen atau arsip di Dinas Personalia dan Umum PT. Angkasa Pura I (PERSERO) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta, mulai dari prosedur penerimaan arsip sampai pada penyimpanan arsip atau dokumen. Penulis akan mengamati bagaimana pelaksanaan tata kearsipan di Dinas Personalia dan Umum PT. Angkasa Pura I (PERSERO) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. Dalam pelaksanaan tata usaha pada semua kantor banyak sekali digunakan kertas dan peralatan tulis yang beraneka ragam. Dengan pekerjaan tulis menulis yang mencakup kegiatan mencatat berbagai informasi tertulis pada lembaran kertas maka muncul warkat atau sering disebut dengan istilah dokumen. Data dan informasi yang terdapat di dalam arsip ada yang harus disimpan untuk sementara waktu dan diproses lebih lanjut,dan ada juga yang sudah selesai pemrosesannya namun harus disimpan karena masih dibutuhkan oleh perusahaan. Kelancaran suatu kegiatan aministrasi tidak terlepas dari peranan penting sarana dan prasarana yang memadai, seperti kelengkapan fasilitas kearsipan yang lengkap dapat menunjang kelancaran operasional kantor. Pemeliharaan dan pengamanan informasi dokumen juga perlu dilakukan agar informasi yang terkandung di dalamnya tidak dipergunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan atau disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pemeliharaan informasi mencakup perlindungan informasi arsip dari kemungkinan pencurian, kelalaian, sifat ingin tahu dan sebagainya. Metode pengamatan yang digunakan dalam penyelesaian Tugas Akhir ini mempergunakan Metode Deskriptif Kualitatif yaitu jenis pengamatan yang mendeskripsikan, memaparkan dan menganalisa sejumlah data yang ada. Dari hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan dan penyimpanan arsip atau dokumen di lingkungan PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta telah berjalan dengan baik, seperti kegiatan pengelolaan dokumen yang meliputi penerimaan, penataan, pemberkasan, penyimpanan, serta penemuan kembali arsip atau dokumen bila sewaktu-waktu dibutuhkan.Tersedianya fasilitas kearsipan yang memadai, pemeliharaan lingkungan ruang kearsipan yang baik, perawatan fisik arsip serta pengamanan informasi yang terjaga dengan baik. Dengan terlaksananya system pengelolaan arsip atau dokumen seperti tersebut diatas, maka akan lebih mempermudah dan memperlancar kegiatan kearsipan di kantor tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:41
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10567

    Actions (login required)

    View Item