PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN SNOW BALL THROWING PADA KOMPETENSI DASAR GULMA, HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN ESQ SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs Negeri Tanon Sragen)

ROMIYATUN, (2008) PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN SNOW BALL THROWING PADA KOMPETENSI DASAR GULMA, HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN ESQ SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs Negeri Tanon Sragen). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (2577Kb)

    Abstract

    Romiyatun, S830907029. 2008.” Pembelajaran Kooperatif Make A Match dan Snow Ball Throwing pada Kompetensi Dasar Gulma Hama dan Penyakit Tanaman Dengan memperhatikan Kemampuan ESQ Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Biologi Kelas VIII MTs Negeri Tanon Sragen) pada siswa klas 8 semester II tahun ajaran 2007/2008”.Tesis : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Make A Match (Mencari Pasangan) dan Snow Ball Throwing terhadap prestasi belajar biologi siswa pada kompetensi dasar gulma, hama dan penyakit tanaman.2). Mengetahui pengaruh tigkat ESQ tinggi dan tingkat ESQ rendah terhadap prestasi belajar biologi siswa pada kompetensi dasar gulma, hama dan penyakit tanaman. 3). Mengetahui interaksi model pembelajaran kooperatif Make A Match (Mencari Pasangan) dan Snow Ball Throwing (Lempar Bola Salju) dengan ESQ terhadap prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar gulma, hama dan penyakit tanaman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain faktorial anava dua jalan 2 x 2. Metode eksperimen dalam penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu: kelompok pertama diberi pembelajaran kooperatif Make A Match dan kelompok kedua diberi model pembelajaran kooperatif Snow Ball Throwing. Kedua kelompok tersebut diasumsikan sama dalam segala segi yang relevan dan hanya berbeda dalam pemberian perlakuan mengajar.Teknik pengumpulan data angket ESQ menggunakan angket tertutup.Tes prestasi belajar diambil setelah proses pembelajaran selesai, dengan tes multiple choice. Hasil analisa data dengan taraf signifikansi ( ) 5 % diperoleh: 1). F = 32.25 dan P-value = 0,000 untuk pengaruh metode mengajar terhadap prestasi belajar. 2). F = 54.24 dan P-value = 0.000 untuk pengaruh ESQ terhadap prestasi belajar. 3).F = 0.01 dan P-value = 0.941 untuk interaksi antara ESQ dengan metode mengajar terhadap prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1). prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik dibanding model pembelajaran Snow Ball Throwing, 2). Prestasi belajar siswa yang ESQ nya rendah lebih baik dibanding dengan siswa yang ESQ nya tinggi, 3). Interaksi antara metode belajar dengan ESQ terhadap belajar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikans.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 855 not found.
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:38
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10561

    Actions (login required)

    View Item