PERAN DAN TANGGUNG JAWAB DIVISI KREATIF DALAM EVENT SUZUKI TEBAR HADIAH CV. FRONTLINE INDONESIA

PP, Arief Candra (2010) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB DIVISI KREATIF DALAM EVENT SUZUKI TEBAR HADIAH CV. FRONTLINE INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (729Kb)

    Abstract

    Bisnis iklan pada jaman sekarang meningkat dengan pesat dan mengharuskan setiap pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. Iklan adalah suatu bentuk pengekspresian dari sebuah ide kreatif atau gagasan, dan imajinasi. Didalam dunia periklanan, iklan merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan suatu produk yang akan ditawarkan agar dapat menjual produk tersebut dengan hasil yang maksimal. Untuk dapat mempertahankan posisinya, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat membuat inovasi baru sebagai strategi kreatifnya, salah satunya dalam bidang promosi produknya. Karena dengan melakukan promosi produk merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan keunggulan produk dan merebut pasar yang dituju. Dalam mempromosikan suatu produk yang akan dibuat tidak hanya memuat sebuah informasi yang akan disampaikan kepada konsumen, tetapi harus dapat menunjukan keunggulan, kualitas dan menutupi kelemahan yang dimilikinya. Dalam kata lain, sebuah produk tidak ada gunanya jika konsumen tidak mengenal produk yang ditawarkan tersebut. Dalam sebuah perusahaan iklan terdapat beberapa departemen, salah satunya adalah devisi kreatif yang mempunyai fungsi yang fital dalam keberhasilan promosi suatu produk. Departemen kreatif dalam suatu jasa periklanan hampir berperan penuh dalam menvisualisasikannya karya yang indah, dinamis, kreatif, inofatif dan mampu menimbulkan respon positif secara efektif bagi konsumen. Didalam bagian departemen kreatif ini diterjemahkan berbagai ide-ide kreatif agar mampu diterima dengan mudah oleh khalayak umum. Pemilihan bentuk sarana promosi yang menarik, sederhana, dapat mudah untuk dipahami, beda dari yang lain akan dengan mudah diingat konsumen sehingga mampu menciptakan suatu “brand image’’ bagi para konsumen. Pengembangan suatu ide karya departemen kreatif benar-benar harus bersifat menarik dan dinamis terhadap apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Untuk itu pengetahuan tentang suatu produk sangat diperlukan dalam bidang ini karena dengan mengerti seluk beluk sebuah produk, bagian kreatif dapat menentukan sarana promosi yang tepat agar dapat tepat sasaran. Dalam sebuah event untuk pengenalan suatu produk , bagian divisi kreatif dapat disertai dengan pembuatan desain spanduk, poster, brosur, flayer, ataupun baliho yang berisi tentang informasi tentang produk itu. Dalam membuat suatu desain dapat dikatan berhasil apabila: 1. Isi dari sebuah desain dapat mudah dipahami dan diterima oleh audiens. 2. Penggunaan warna yang seimbang agar suatu desain dapat menarik minat baca audiens. 3. Ide-ide penggunaan ilustrasi, gambar maupun foto di sesuaikan dengan perkembangan tehnologi sekarang agar sebuah pesan dapat dimengerti sumua kalangan audiens.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:26
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10557

    Actions (login required)

    View Item