PROSES KERJA KREATIF DI BIS PRODUCTION

Suastriyani, Ellen (2010) PROSES KERJA KREATIF DI BIS PRODUCTION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    Dunia usaha mengalami perkembangan yang pesat, hingga mengharuskan setiap pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. Banyaknya produk-produk baru yang dilepas ke pasaran, meningkatkan tingkat persaingan diantara para pelaku bisnis menjadi makin ketat. Masyarakat, sebagai target pasar, semakin selektif dalam memilih produk yang akan digunakan. Ketatnya persaingan menuntut para pengelola bisnis untuk mampu menguasai dan mengerti dengan sebaik - baiknya keunggulan produk perusahaanya serta dapat memanfaatkan setiap celah dan peluang pasar yang ada untuk memperoleh hasil semaksimal mungkin, sehingga mampu menempatkan produk serta perusahaan dalam posisi yang utama. Untuk dapat mempertahankan posisinya, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat menemukan inovasi baru sebagai strategi kreatifnya. Beberapa strategi yang sering dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan produk maupun perusahaan baru, mempertahankan citra perusahaan maupun menambahkan citra baru pada perusahaan Pada sebuah perusahaan terdiri dari beberapa departemen, salah satunya adalah divisi kreatif yang mempunyai fungsi penting dalam penentuan posisi sebuah brand (baik itu perusahaan maupun produk). Pemilihan bentuk sarana promosi yang menarik, sederhana, dapat dipahami dengan mudah, beda dari yang lain akan dapatmenciptakan “brand image” bagi para konsumen. Penentuan image dan identitas suatu produk sangat diperlukan dalam bidang ini karena penentuan sarana promosi yang tepat oleh bagian divisi kreatif sangat berpedoman pada hal tersebut. Pengadaan suatu acara kerap kali menjadi pilihan dalam usaha perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan posisi produk suatu perusahaan di mata konsumen. Sedang beberapa tujuan lain yang lebih spesifik antara lain ; 1. Pengenalan produk baru (biasanya berupa launching, pemberian free sample serta beberapa merchandise produk). Semakin besar nama perusahaan penghasil produk, makin mudah pula mendapatkan audience untuk acara tersebut (jumlah audience juga menentukan besarnya kemungkinan pesan dari perusahaan untuk sampai kepada konsumen). 2. Peningkatan brand awareness (biasanya diadakan oleh perusahaan untuk mengetahui seberapa jauh konsumen mengenal produk). Umumnya dilakukan oleh perusahaan untuk produk dengan tingkat penjualan di bawah target yang ditetapkan perusahaan terhadap produk terkait. Acara dengan konsep tujuan seperti ini umumnya disertai promo – promo serta pengenalan kembali tentang identitas produk kepada konsumen. 3. Pencitraan atau pembentukan image baru terhadap perusahaan. Dapat berupa acara – acara yang mendukung hal – hal positif yang dapat memperkuat image positif yang menempel pada perusahaan maupun produk (misal; Nestle Dancow dengan Dancow Caravan Gizi mengadakan “Dokter Kecil Mahir Gizi”, Unilever Lifebuoy dengan “Super Little Doctor Camp”, dsb.). 4. Penghargaan terhadap para konsumen loyal produk. Acara – acara semacam ini umumnya berupa penggalangan dana dan aktivitas bersama lainnya (misal; “Dove Sisterhood Foundation : Sisters Helps Sisters”). Pada pelaksanaanya acara – acara tersebut merupakan penggabungan antara beberapa poin di atas. Pada beberapa perusahaan, divisi marketing dan kreatifnya tidak memiliki subdivisi khusus sebagai tindak lanjut dari konsep mentah yang mereka hasilkan sebagai upaya peningkatan posisi produk maupun peningkatan angka pembelian terhadap produk. Perusahaan – perusahaan tersebut menyewa jasa event organizer sebagai penindak lanjut konsep mentah tersebut sekaligus sebagai eksekutor di lapangan sebagai penyelenggara acara. Pada perusahaan yang bergerak di bidang event organizer sendiri, konsep mentah yang diberikan oleh perusahaan (selanjutnya disebut “sponsor”) diolah oleh bagian kreatif hingga menjadi konsep yang lebih matang serta siap untuk direalisasikan di lapangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:23
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10555

    Actions (login required)

    View Item