MEKANISME PRODUKSI IKLAN MEDIA LUAR RUANG DI PT. ARESTA LINTAS MEDIA YOGYAKARTA

Diarwanto, (2010) MEKANISME PRODUKSI IKLAN MEDIA LUAR RUANG DI PT. ARESTA LINTAS MEDIA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (359Kb)

    Abstract

    Kemajuan era globalisasi ini semakin memacu berbagai bidang untuk terus berkembang, salah satunya di bidang teknologi komunikasi. Hal ini senantiasa menjadi tolok ukur bagi kemampuan dan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi komunikasi. Dengan keadaan seperti inilah manusia dituntut agar dapat memproduksi, mengelola dan mendistribusikan berbagai informasi kepada masyarakat. Perkembangan dunia usaha (bisnis) yang semakin modern saat ini menuntut para pelaku usaha (bisnis) untuk bersaing secara ketat dalam merebut pangsa pasar di masyarakat luas. Para pengusaha berusaha menyatukan dan menyelaraskan antara kemajuan teknologi komunikasi tersebut dengan daya imaginative dan kreativitas karena sehebat apapun teknologi itu berkembang tanpa disertai dengan kreativitas, dapat diibaratkan bagai sayur tanpa garam. Begitu pula suatu produk, tanpa proses pengenalan produk tersebut kepada para konsumen, maka konsumen pun juga tidak akan mengenal produk tersebut. Semakin banyak munculnya produk-produk baru mengharuskan para pelaku usaha bersaing ketat dalam menggunakan media iklan yang baik dan tepat serta memahami keunggulan-keunggulan produk yang mereka hasilkan agar menarik minat para konsumen sebanyak-banyaknya, sehingga produk- produk yang mereka hasilkan akan laku secara maksimal di pasaran, dan selalu periklanan akan berdampak luas terhadap citra (image) dari produk suatu perusahaan. Sejalan dengan hal ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik program Diploma III Komunikasi Terapan jurusan Periklanan Universitas Sebelas Maret Surakarta mengadakan Kuliah Kerja Media (KKM) 2010 dengan maksud untuk mempersiapkan tenaga kerja profesional khususnya yang bergerak di bidang periklanan (Advertising). Sistem pendidikan diwujudkan untuk membekali mahasiswa melalui pengetahuan teori dan praktek yang disebut Kuliah Kerja Media (KKM) dengan harapan agar dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan wawasan teoritis serta wawasan kerja atau praktek secara seimbang dalam dunia kerja. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini juga merupakan peranan penting bagi mahasiswa, dimana mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat dalam membangun kerjasama dan kepercayaan dengan orang lain didalam dunia nyata dengan segala bentuk realita (kenyataan) aktifitas yang ada, selain itu Kuliah Kerja Media juga merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Penjelasan dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Media ini tertuju pada bagian produksi. Pada Laporan Kuliah Kerja Media ini penulis mengambil judul “Mekanisme Produksi Iklan Media Luar Ruang di PT. ARESTA LINTAS MEDIA” yang akan memaparkan bagaimana mekanisme bagian produksi iklan media luar di perusahaan ini. Karena selama kurun waktu satu setengah bulan ini penulis telah melaksanakan Kuliah Kerja Media di PT. ARESTA LINTAS MEDIA (ARESTA ADVERTISING), yang beralamatkan di Jln.Gedong Kuning Selatan, Gg.Cendana No.257, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. PT. ARESTA LINTAS MEDIA merupakan salah satu advertising agency media luar ruang (out door) di Yogyakarta yang bergerak dibidang jasa periklanan (advertising) dan promosi. Orang-orang yang bekerja didalamnya merupakan seseorang yang berkompeten, berkualitas dan ahli dalam bidangnya masing-masing. Dalam pelaksanaan usahanya untuk mencari klien baru ataupun menjalin hubungan dengan klien lama, PT. ARESTA LINTAS MEDIA juga tidak lepas dari persaingan dengan biro-biro iklan lainnya. Persaingan biro-biro iklan muncul dalam hal kualitas pelayanan dan penciptaan iklan yang semakin menjual karena biro-biro tersebut bercita-cita untuk menjadi sebuah advertising agency yang besar dan terkenal sehingga mereka selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap kliennya. Sehingga pelayanan terhadap klien dalam pembuatan iklan menjadi hal yang paling diutamakan, dengan berusaha meningkatkan profesionalisme kerja dalam penciptaan iklan sebagai upaya untuk memuaskan klien. Dengan cara- cara demikian, maka PT. ARESTA LINTAS MEDIA dapat bertahan didalam dunia periklanan yang sarat dengan persaingan. Selama kurun waktu satu setengah bulan tersebut, penulis juga ikut serta dalam suatu proses produksi dan serangkaian program kerja PT. ARESTA LINTAS MEDIA dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada para klien. Disini penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media pada bagian produksi, karena penulis ingin mengetahui mekanisme kerja produksi iklan media luar ruang (out door), mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang tim produksi dalam proses tersebut serta dapat mengetahui proses dapur creative (konsep- konsep) sebelum dilakukannya proses produksi. Sebuah bentuk desain sangatlah berpengaruh terhadap sebuah promosi (pengenalan) suatu brand name kepada para konsumen. Apalagi bentuk sebuah desain yang menarik akan mampu mengundang dan memberikan rasa keingintahuan para konsumen untuk lebih mengenal produk tersebut, serta dapat mendongkrak tingkat penjualan produk tersebut. Dengan demikian tugas dan tanggung jawab kedua bagian ini (creative dan produksi ) ini haruslah berjalan seimbang dan ditunjang dengan kreativitas agar dapat menghasilkan suatu karya iklan yang memuaskan dan berkualitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:16
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10551

    Actions (login required)

    View Item