PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN PERCAKAPAN BAHASA MANDARIN DI BIDANG RESTORAN BAGI STAFF KARYAWAN DI RESTORAN ORIENT SURAKARTA

Karlina, Ruth (2010) PEMBELAJARAN KOSAKATA DAN PERCAKAPAN BAHASA MANDARIN DI BIDANG RESTORAN BAGI STAFF KARYAWAN DI RESTORAN ORIENT SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (762Kb)

    Abstract

    Ruth Karlina. 2010. Pembelajaran Kosakata dan Percakapan Bahasa Mandarin di Bidang Restoran bagi Staff Karyawan di Restoran Orient Surakarta, Program Diploma III Bahasa China, Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulisan tugas akhir ini dilatar belakangi oleh permasalahan pentingnya para staff restoran Orient Surakarta menguasai bahasa Mandarin bidang restoran. Dan dirumuskan oleh permasalahan bagaimana pembelajaran kosakata dan percakapan bahasa Mandarin bidang restoran bagi para staff karyawan dalam melayani tamu dan apa sajakah hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran kosakata dan percakapan bahasa Mandarin bidang restoran dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk memberikan pembelajaran kosakata dan percakapan bahasa Mandarin bidang restoran kepada staff karyawan restoran Orient dalam meningkatkan pelayanan khususnya kepada para tamu wisatawan asing serta mendiskripsikan hambatan- hambatan dalam proses pembelajaran dan upaya menangani masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode kajian pustaka. Pembelajaran yang diberikan oleh penulis meliputi pembelajaran kosakata dan percakapan saat tamu menelepon untuk memesan tempat, saat tamu memasuki restoran, saat tamu memesan makanan, saat tamu meminta bon, sampai saat tamu meninggalkan restoran. Dari proses pembelajaran ini ditemui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para siswa. Salah satunya adalah kendala pekerjaan yang membuat mereka tidak dapat menghadiri kelas. Upaya yang dapat ditempuh untuk menghadapi kendala ini adalah memberikan materi yang akan diajarkan pada hari itu agar dapat dipelajarinya di rumah. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah meningkatnya pelayanan kepada tamu dapat terlihat dari pujian-pujian lisan maupun dari pujian tertulis yang diberikan oleh para tamu wisatawan asing atas kemampuan berbahasa mandarin para pelayan restoran Orient Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:14
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10550

    Actions (login required)

    View Item