PEMANFAATAN MEDIA LAGU, GAMBAR, DAN PERMAINAN UNTUK PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI TK SILOAM SURAKARTA

Widiastuti, Meinita Nur (2010) PEMANFAATAN MEDIA LAGU, GAMBAR, DAN PERMAINAN UNTUK PENINGKATAN PRESTASI SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA MANDARIN DI TK SILOAM SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (648Kb)

    Abstract

    MEINITA NUR W.2010.Pemanfaatan Media Lagu, Gambar, dan Permainan Untuk Peningkatan Prestasi Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Mandarin Di TK Siloam Surakarta. Program Studi D3 Bahasa China Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan tugas akhir ini kami lakukan karena adanya masalah yang ditemukan pada proses belajar mengajar bahasa Mandarin di TK Siloam Surakarta. Siswa yang baru belajar bahas Mandarin sering lupa dan kurang cepat memahami materi yang telah diajarkan. Akibatnya prestasi mereka dalam pelajaran bahasa Mandarin menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan metode mengajar, yaitu melalui pemanfaatan media lagu, gambar, dan permainan. Melalui media ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi siswa yang kurang maksimal menjadi lebih maksimal. Adapun dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan teknik metode penelitian observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan melakukan metode tersebut penyusunan tugas akhir penulis cepat selesai menjadi suatu laporan yang akurat. Hasil laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media lagu, gambar, dan permainan sangat efektif digunakan sebagai metode belajar bahasa Mandarin. Ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa melalui latihan, tugas rumah, dan ulangan yang sangat memuaskan. Disamping dapat meningkatkan prestasi belajar metode ini juga membantu siswa dalam melihat, mendengar, dan mengucapkan bahasa Mandarin sehingga siswa lebih cepat menerima materi yang diberikan. Simpulan laporan tugas akhir ini menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan metode lagu, gambar, dan permainan sangat efektif dilakukan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam belajar bahasa Mandarin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 03:04
    Last Modified: 24 Aug 2013 03:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10543

    Actions (login required)

    View Item