PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI MAJALAH SWANKGLOSSY

Riyanon, Reni Yulianita (2010) PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI MAJALAH SWANKGLOSSY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (307Kb)

    Abstract

    Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin pesat, hal tersebut tidak akan berguna jika tidak di dukung oleh sumber daya manusia yang terampil dalam bidangnya. Tidak hanya mengandalkan ilmu yang telah di dapat di bangku perkuliahan, mahasiswa juga perlu memerlukan praktek kerja lapangan yang sesuai dengan bidangnya. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi dewasa ini, maka kebutuhan akan tenaga terampil di bidangnya semakin meningkat. Situasi seperti itu mengharuskan setiap orang untuk mempunyai kualitas yang tinggi memungkinkan setiap orang mampu bersaing untuk meraih posisi di bidangnnya. Perguruan tinggi sebagai salah satu pendidikan yang harus mampu membuat calon tenaga kerja mempunyai kemampuan untuk bersaing dengan mencetak calon tenaga kerja yang telah siap pakai. Oleh sebab itu program DIII komunikasi terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan kuliah kerja media (KKM) yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sehingga mahasiswa mendapat pengalaman baru di dunia kerja. Public Relations yang dalam bahasa Indonesian di terjemahkan dengan istilah Hubungan Masyarakat (Humas), merupakan lapangan baru yang berkembang pesat di dunia komunikasi. Perkembangan ini berkaitan erat dengan kemajuan masyarakat di bidang terutama industri, bisnis, politik, bahkan akhir-akhir ini juga berkembang pesat dibidang hiburan. Sebagai mahasiswa Public Relations, KKM merupakan kesempatan untuk mengetahui secara nyata kinerja seorang Public Relation di dunia kerja . Promosi atau pengenalan hal baru merupakan salah satu tugas dari seorang Public Relation, cara promosi tidak hanya melalui kontak langsung tetapi ada juga kontak secara tidak langsung, contohnnya adalah promosi melalui jaringan internet. Majalah sendiri merupakan media untuk menyampaikan komunikasi akan tetapi juga memerlukan aktivitas komunikasi, untuk mempromosikan majalah itu sendiri. Hal ini berarti melibatkan proses dimana akan menyampaikan suatu pesan yang dapat berisikan berita, pengetahuan, dan sponsor iklan kepada public. Majalah termasuk sebagai kategori produk low involvement, dan merupakan media untuk menyampaikan komunikasi. Majalah SwankGolssy adalah adalah salah satu tempat menarik untuk mempelajari tentang promotion. Majalah SwankGolossy memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat luas. Website merupakan salah satu wadah bagi majalah SwankGlossy untuk memberikan informasi kepada publik secara langsung dan dapat diakses. Dan publik juga dapat memberikan respon atas informasi tersebut dan juga dapat memberikan saran dan kritik kepada majalah SwankGlossy untuk kemajuan majalah tersebut. Hal itu sangat menarik untuk di pelajari . yaitu bagaimana majalah SwankGlossy memberikan informasi dengan cepat kepada pubik melalui media internet. SwankGlossy merupakan pemain baru dalam dunia media massa, oleh karena itu SwankGlossy harus bekerja keras untuk dapat bersaing dengan berbagai brand yang berada dalam kategori sejenisnya. Customer loyalty merupakan salah satu terpenting dalam menjalankan bisnis media massa ini, maka dari itu sebuah brand majalah harus dapat menggandeng konsumen baik dari segi produk dengan terus menampilkan artikel- artikel dan isi majalah yang up-to-date yang sesuai dengan gaya hidup masa kini. Dan juga dari segi promosi yakni dengan menggunakan komunikasi website yang bervariasi untuk menarik konsumen dalam setiap kampanye promosi yang dilakukan oleh SwankGlossy. B. Fokus Penulisan Tugas Akhir Dari uraian diatas, penulis tertarik untuk mengambil judul “PEMANFAATAN JARINGAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI MAJALAH SWANKGLOSSY”. karena Majalah SwankGlossy ini adalah majalah “fashion life style” melayani masyarakat yang ingin berpenampilan lebih menarik dan glamour khususnya para wanita. Meskipun di majalah Swankgolssy ini tidak mempunyai bagian Public Relation yang jelas namun di majalah SwankGolssy ini mempunyai seorang promotion yang dapat melaksanakan fungsi-fungsi tugas Public Relation dan dapat berperan sebagai Public Relation. Mengingat tugas yang di emban oleh majalah SwankGlossy sangat kompleks, dalam melaksanakan tugas promosi, Jaringan internet merupakan media utaman yang membantu pemberitaan dan pelayanan sebagai wahana komunikasi terhadap masyarakat. Besarnya cakupan tugas, tanggung jawab, peran, di majalah SwankGlossy bagi masyarakat, penulis tertarik untuk menjadikan majalah SwankGlossy ini sebagai tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 24 Aug 2013 02:41
    Last Modified: 24 Aug 2013 02:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10528

    Actions (login required)

    View Item