KEGIATAN MARKETING DALAM ACCOUNT EXECUTIVE COYUDAN PLAZA DI BIS PRODUCTION

Idawati, Annisa Rasma (2010) KEGIATAN MARKETING DALAM ACCOUNT EXECUTIVE COYUDAN PLAZA DI BIS PRODUCTION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (411Kb)

    Abstract

    Pada abad ini kemajuan teknologi komunikasi sangatlah pesat. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi komunikasi telah mendorong bertumbuhkembangnya kegiatan periklanan. Dalam persaingan dunia perdagangan dan industri sekarang ini iklan telah menjadi salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi perdagangan industri. Periklanan adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan penjualan dari produk atau layanan untuk mempengaruhi pendapat orang banyak agar mendapat dukungan seperti yang diharapkan oleh pemasang iklan. Periklanan semakin memperluas dunianya, sehingga kegiatan periklanan tidak hanya tumbuh dan berkembang di daerah perkotaan, melainkan telah jauh mengintervensi kehidupan masyarakat di pinggiran, sampai pelosok-pelosok pedesaan. Dunia periklanan menjadi semakin semarak, Ia hadir melalui berbagai media, baik media cetak, media elektronik, pamflet-pamflet, spanduk, maupun billboard(papan iklan). Ia pun bisa hadir dimana saja, Ia bisa hadir di dalam rumah, di toko-toko, di pinggir-pinggir jalan, di dalam kendaraan, bahkan di puncak-puncak bangunan yang menjulang tinggi. Demikian pula bila ditinjau dari susunan masyarakat, iklan hadir pada semua lapisan masyarakat mulai dari masyarakat kelas atas hingga masyarakat kelas bawah. Dengan didukung teknologi yang maju, iklan sangatlah berpengaruh dalam berbagai hal dan bidang. Tiada hari tanpa iklan, memang inilah kenyataan yang kita hadapi dewasa ini. Ketika terbangun dari tidur dini hari hingga kembali ketempat tidur larut malam, mata, dan telinga kita pasti dihadapkan pada berbagai bentuk iklan dengan warna-warna dan kalimat- kalimat yang serba menjanjikan. Jika kita melangkahkan kaki menuju ke berbagai tempat dan tujuan, seakan-akan kita berada ditengah-tengah belukar iklan. Maraknya dunia periklanan di Indonesia, tidak lepas dari kemajuan perekonomian masyarakat yang didukung oleh pesatnya informasi teknologi. Pengaruh jaringan informasi yang meliputi media massa baik cetak maupun elektronik telah memacu hingar bingarnya dunia periklanan di negeri kita. Teknologi komunikasi yang menjadi primadona Iptek telah dimanfaatkan oleh para industriawan dan usahawan untuk kepentingan penyebarluasan produknya. Banyak cara yang digunakan untuk menyebarluaskan produk, semua ditujukan agar mampu mencuri perhatian masyarakat. Gelombang iklan yang semakin hari semakin mewabah ini, juga menjadi salah satu indikasi yang menunjukkan adanya peningkatan di sektor perekonomian masyarakat disertai meningkatnya daya beli mereka. Faktor inilah yang melahirkan persaingan diantara produsen dan mengharuskan mereka memilih kiat-kiat khusus untuk meraih konsumen sebanyak- banyaknya. Nampaknya maraknya dunia periklanan memang berjalan seiring dengan berkembangnya dunia usaha dan perkembangan yang pesat dari teknologi komunikasi. Tidak mengherankan kalau kehadiran iklan banyak memanfaatkan dan ditopang oleh media-media informasi. Kini iklan hadir bukan semata-mata sebagai produk dari barang tertentu, melainkan lebih merupakan upaya persuasif dari produsen yang menggiring calon konsumen untuk menuruti pemasang iklan. Dalam penyampaian pesan iklan, seorang produsen yang akan beriklan harus benar-benar mengetahui strategi beriklan yang efektif, untuk itulah diperlukan peran biro-biro yang bergerak dalam bidang periklanan. Dalam hal ini jasa Account Executive juga sangatlah penting. Account Executive harus mampu berkomunikasi secara persuasif dengan calon klien yang akan beriklan sehingga calon klien akan benar- benar yakin bahwa Ia akan memperoleh keuntungan dengan beriklan. Seorang Account Executive harus memiliki kemampuan berkomunikasi agar dapat meyakinkan calon klien tentang kegunaan promosi atau penyampaian suatu pesan iklan. Dalam sebuah biro iklan Account Executive merupakan bagian dari Account Management yang sangat bertanggung jawab terhadap pencarian klien, melayani dan memenuhi keinginan klien, serta mempresentasikan hasil kerjanya terhadap klien. Selain itu juga Account Executive juga yang menjadwal dan membuat perjanjian dengan klien. Seorang Account Executive juga dapat dikatakan sebagai seorang salesmen pada saat Departemen Iklan mengadakan presentasi atau memberikan solusi yang baik pada kliennya mengenai iklan yang akan dimuat baik itu pada media cetak maupun media elektronik. Jadi, seorang Account Executive dituntut mengerti mengenai Marketing. Marketing sendiri mempunyai peranan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif. Hal utama yang dilakukan disini adalah mengenalkan keberadaan produk- produk yang dihasilkan. Pemasaran merupakan aktivitas yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan pelayanan jasa dalam pasar industri, pasar kelembagaan dan pasar konsumen, serta antara organisasi pembelian dan organisasi penjualan. Dan juga merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Marketing mempunyai tujuan agar produk-produk yang dihasilkan dari biro iklan dapat diterima oleh para klien. Tanpa ada kepuasan dari klien, maka akan sulit bagi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan atau klien. Sedangkan laba dapat dicapai dengan jalan meningkatkan penjualan, karena dengan laba perusahaan akan dapat memperoleh imbalan sebagai kompensasi resiko investasi modal yang dilakukan perusahaan, serta meningkatkan dan mengembangkan usaha perusahaan itu sendiri. Seiring dengan perkembangannya, banyak perusahaan atau biro-biro yang bergerak dalam bidang periklanan. Selain biro iklan muncul juga suatu lembaga atau organisasi yang bergerak dalam bidang periklanan dan sekaligus dibidang hiburan yang sering disebut dengan Event Organizer (EO). Di kota Solo sendiri terdapat banyak sekali event organizer, salah satuya BIS Production. Untuk dapat melakukan komunikasi dengan baik tidak hanya melalui teori saja karena Ilmu Komunikasi merupakan ilmu terapan, oleh karena itu mahasiswa jurusan periklanan sangat memerlukan wahana untuk praktek. Selain itu mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan mampu untuk mencari pengalaman di lapangan kerja nyata sehingga mahasiswa akan menjadi sumber daya yang siap pakai. Jurusan periklanan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret sekarang ini mewajibkan setiap mahasiswanya untuk belajar bekerja secara nyata melalui mata kuliah praktek atau magang. Untuk itu saya memilih BIS Production sebagai tempat Kuliah Kerja Media. Dengan adanya Kuliah Kerja Media ini saya ingin mengetahui bagaimana teknik-teknik beriklan yang baik dan juga mengetahui cara kerja nyata sebuah perusahaan yang dapat saya pergunakan sebagai pengalaman. Selain itu dunia periklanan adalah dunia yang dinamis penuh teknologi dan inovasi baru yang menantang, sehingga sangat menarik untuk dipelajari.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 24 Aug 2013 02:28
    Last Modified: 24 Aug 2013 02:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10523

    Actions (login required)

    View Item