PENGARUH PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT DI DESA JETIS KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008

Sudaryanto, Sigid (2008) PENGARUH PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH MANDIRI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT DI DESA JETIS KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (1060Kb)

    Abstract

    Sigid Sudaryanto, NIM S820907024,Tesis Pengaruh Penyuluhan tentang pengelolaan sampah mandiri terhadap pengetahuan, sikap dan perolaku masyarakat Desa Jetis,Kecamatan Klaten Selatan,Kabupaten Klaten Tahun 2008, Program Studi Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Pascasarjana,Universitas Negeri Surakarta. Sampah adalah benda yang bersifat padat, sudah tidak dipakai lagi atau harus dibuang sebagai hasil kegiatan manusia. Penimbulan sampah semakin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk dan gaya hidup masyarakat, diperkirakan setiap orang menghasilkan sampah 2,97 liter/hari. Volume sampah di Kabupaten Klaten rata-ata perhari 871,1 M3 ,yang dapat dikelola oleh Dinas Kebersihan 261,16 M3 (29,98%). Rendahnya pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam mengelola sampah menyebabkan mereka membuang ke sungai,atau tempat-tempat tertentu sehingga menimbulkan bau busuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan pengelolaan sampah mandiri terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat di Desa Jetis Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian Experiment Semu dengan pendekatan One Group Pretest – Postest Design. Jumlah sample sebanyak 68 responden terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelopok perlakuan dan kelompok kontrol. Pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku menggunakan kuaesioner yang sebelumnya dilakukan ujicoba kepada 40 responden,kuesioner dinyatakan valid dan reliable. Pengukuran Pengetahuan,Sikap dan Perilaku dilakukan sebanyak 2 (dua) kali yaitu sebelum dan sesudah penyuluhan, frekuensi penyuluhan dilakukan sebanyak 4 kali yaitu pada bulan Mei s/d September 2008. Hasil Penelitian yaitu sebelum dilakukan penyuluhan nilai rata - rata Pengetahuan, Sikap dan Perilaku kedua kelompok relatif sama, setelah penyuluhan pada kelompok perlakuan nilai rata-rata pengetahuan, sikap dan perilaku kelompok perlakuan menjadi lebih tinggi. Setelah dilakukan analisis uji beda menggunakan t test tidak terikat diperoleh t hitung pengetahuan 3,904 (p<0,05), t hitung sikap 46,025 (p<0,05) dan t hitung perilaku 5,622 (p<0,05) hal ini menunjukkan perbedaan bermakna sebelum dan sesudah penyuluhan. Kesimpulan penelitian yaitu peningkatan pengetahuan,sikap dan perilaku kelompok perlakuan sebagai hasil penyuluhan.Implikasi penelitian adalah memberikan dasar bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten untuk penyusunan program penyuluhan. Saran yang diajukan peneliti agar pemerintah menggalakan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku sehingga dapat berpartisipasi dalam pengelolaan sampah mandiri.. Kepada Peneliti lain agar mengkaji lebih dalam dan membandingkan berbagai metode penyuluhan.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > PKLH
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 24 Aug 2013 02:15
    Last Modified: 24 Aug 2013 02:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10519

    Actions (login required)

    View Item