PERANCANGAN TEMPERATURE CONTROL SYSTEM PADA INTERNAL FLOW FLUIDA VISCOUS (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN KECAP DAN SAUS PT. LOMBOK GANDARIA)

PERMATASARI, PRITA (2010) PERANCANGAN TEMPERATURE CONTROL SYSTEM PADA INTERNAL FLOW FLUIDA VISCOUS (STUDI KASUS DI PERUSAHAAN KECAP DAN SAUS PT. LOMBOK GANDARIA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (113Kb)

    Abstract

    Berbagai penyelesaian dikembangkan para peneliti lainnya untuk memperlancar internal flow fluida viscous. Pada kasus transportasi minyak berat contohnya, penyelesaian diterapkan dengan penggunaan heater dan pipa insulator yang keduanya sama-sama berfungsi mempertahankan temperatur fluida di dalam pipa transportasi (Farhan, 2008). Hingga proses penelitian ini berlangsung, pihak I-3 PT. Lombok Gandaria sendiri belum memiliki suatu sistem yang dapat menjaga kestabilan temperatur aliran kecapnya. Padahal, terkait dengan aspek produktivitas kecap, sistem ini penting dan diperlukan. Didasarkan hal di atas, penelitian ini dilaksanakan untuk membuat rancangan sistem dalam mencapai kondisi temperatur optimal, berdasarkan karakteristik dari sistem aliran kecap yang ada pada PT. Lombok Gandaria. Adanya rancangan temperature control system diharapkan dapat menjaga kestabilan temperatur kecap sehingga aliran dalam pipa lancar dengan tetap menjaga kualitas produk kecap itu sendiri. Diharapkan, kelancaran aliran dan peningkatan produktivitas produksi kecap memiliki efek yang signifikan terhadap pemenuhan demand dan penguasaan pasar lokal di samping peluang pasar non domestik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 00:33
    Last Modified: 10 Jul 2014 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10510

    Actions (login required)

    View Item