PERKEMBANGAN PASAR MEBEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN STATUS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PENGRAJIN KAYU DI KALURAHAN GILINGAN, KECAMATAN BANJARSARI, KOTA SURAKARTA)

Sari Setyaningsih, Ika (2009) PERKEMBANGAN PASAR MEBEL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN STATUS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PENGRAJIN KAYU DI KALURAHAN GILINGAN, KECAMATAN BANJARSARI, KOTA SURAKARTA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (301Kb)

    Abstract

    Pasar mebel di Surakarta selain sebagai penggerak perekonomian juga bermanfaat lain, khususnya adalah membuka lapangan kerja atau kesempatan berusaha bagi masyarakat di sekitar daerah Bibis sekaligus para pendatang yang ingin meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Seiring dengan perkembangan pasar mebel, para pengusaha pasar mebel berusaha semaksimal mungkin supaya pertumbuhan industri pasar mebel yang dijalankannya dan dapat bersaing dengan pusat industri lain. Sehubungan dengan adanya persaingan perdagangan yang terjadi di wilayah Surakarta yang sangat ketat, maka para pengusaha harus selalu siap untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha yang sudah dijalani selama ini. Adanya 7 perkembangan pasar mebel tidak terlepas dari usaha, keterampilan serta tradisi yang sering dilakukan masyarakat Bibis setiap tahunnya pada bulan Syuro, yaitu dengan mengadakan kegiatan bersih desa Bibis Kulon. Kegiatan ini dilakukan karena bertujuan untuk keselamatan kampung, sebagai ucapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yang berlimpah dan kesehatan yang diberikan selama ini. Tradisi ini telah lama dilakukan oleh nenek moyang masyarakat setempat, jauh sebelum Pasar Mebel didirikan di mana kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk (John Pemberton, 2003: 352). Walau tradisi ini telah ada sebelumnya, masyarakat pendatang yang ada di sekitarnya tetap menghormati dan ikut serta dalam kegiatan itu dengan cara penggalangan dana baik itu dana wajib ( masyarakat Bibis ) dan sebagian besar donatur dari beberapa pihak termasuk pemerintahan Surakarta. Dengan semakin berkembangnya pasar mebel dalam memproduksi barang, maka bermunculan juga pengusaha mebel di daerah Bibis sehingga dapat meningkatkan status sosial ekonomi pengusaha atau pengrajin tersebut. Berpijak dari keberadaan dan peranan pasar mebel di daerah Bibis dalam memberikan sumbangan terhadap pembangunan daerah khususnya dan pembangunan nasional umumnya, maka perlu melakukan penelitian lebih jauh tentang perkembangan pasar mebel dan pengaruhnya terhadap peningkatan status sosial ekonomi masyarakat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 00:29
    Last Modified: 24 Aug 2013 00:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10509

    Actions (login required)

    View Item