Penerapan Metode Bermain Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Anak Tuna Grahita Kelas Ii Sdlb Negeri Boyolali

Winarni, Sri (2009) Penerapan Metode Bermain Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Anak Tuna Grahita Kelas Ii Sdlb Negeri Boyolali. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (325Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran bergantung pada sifat bahan atau hakikat dari bahan ajaran. Bahan yang dipelajari siswa sifatnya informasi atau fakta, konsep, prinsip, keterampilan dan sikap. Setiap jenis belajar ini menuntut kondisi belajar berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar bertujuan untuk memudahkan siswa dalam belajar. Metode bermain kartu bilangan adalah suatu metode pembelajaran yang diterapkan dengan konsep bermain dengan menggunakan kartu. Adapun model dari kartu ini adalah kertas yang berbentuk persegi panjang dengan sisi depan kertas bertuliskan angka atau bilangan (1, 2, 3, 4….) dan pada sisi yang berlawanan (belakang) bertuliskan banyaknya benda atau nilai angka. Media belajar dengan menggunakan metode bermain kartu bilangan dapat diterapkan dalam pengajaran matematika bagi anak tuna grahita. Metode ini digunakan untuk lebih memperjelas pengertian siswa tentang materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dengan begitu mereka tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Mengingat bahwa anak tuna grahita mempunyai kemampuan di bawah rata-rata. Untuk memberikan motivasi yang tinggi pada siswa yang kurang antusias dalam proses belajar Matematika, maka peneliti coba 6 dengan menggunakan metode pembelajaran dengan bermain kartu bilangan. Metode ini memiliki harapan pada siswa agar dapat mengoptimalkan kemampuan siswa sehingga siswa tidak hanya menghafal konsep saja Dengan menggunakan metode bermain kartu bilangan akan membuat anak tuna grahita tertarik dan merasa senang untuk mengikuti pelajaran matematika. Berdasarkan keadaan-keadaan yang telah diuraikan di atas mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tentang penggunaan metode belajar dengan menggunakan metode bermain kartu bilangan yang tepat dan efektif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas II di SDLB Negeri Boyolali.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 23 Aug 2013 22:21
    Last Modified: 23 Aug 2013 22:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10499

    Actions (login required)

    View Item