FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ANGGRAENI, FEBRYANTI PURWO (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1273Kb)

    Abstract

    Febryanti Purwo A. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGETAHUAN SOSIAL EKONOMI PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial ekonomi pada siswa XII IPS SMA Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 133 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, dalam hal ini adalah Exploratory Factor Analysis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada tujuh (7) faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran pengetahuan sosial ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2010/2011 yang merupakan hasil reduksi dari tiga puluh satu (31) variabel. Faktor-faktor tersebut adalah (1) faktor psikologis siswa, (2) faktor fisiologis siswa, (3) faktor sekolah, (4) faktor lingkungan non sosial, (5) faktor keluarga, (6) faktor masyarakat, (7) faktor lingkungan sosial.Faktor psikologis siswa terdiri atas variabel minat, motif, dan perhatian.Faktor fisiologis siswa terdiri atas variabel kelelahan rohani dan kelelahan jasmani.Faktor sekolah terdiri atas variabel waktu sekolah dan disiplin sekolah.Faktor lingkungan non sosial terdiri atas variabel alat pelajaran dan gedung sekolah. Faktor keluarga terdiri atas variabel cara orang tua mendidik dan pengertian orang tua. Faktor masyarakat terdiri atas variabel kegiatan siswa dalam masyarakat dan bentuk kehidupan masyarakat.Faktor lingkungan sosial terdiri atas variabel teman bergaul.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 19:08
    Last Modified: 23 Aug 2013 19:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10477

    Actions (login required)

    View Item