IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM ADOPSI E-COMMERCE OLEH UKM (Studi pada UKM yang berada di Kota Surakarta tahun 2009)

DIMA NUARY, FICKY (2010) IMPLEMENTASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM ADOPSI E-COMMERCE OLEH UKM (Studi pada UKM yang berada di Kota Surakarta tahun 2009). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (439Kb)

    Abstract

    Tujuan umum penulisan skrispi ini adalah untuk mereplikasi model yang dapat menjelaskan adopsi E-commerce oleh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Sedangkan secara spesifik, adalah untuk 1) mengungkapkan pengaruh attitude towards behavior terhadap intention to use dalam adopsi e-commerce; 2) mengungkapkan pengaruh subject norm terhadap intention to use dalam adopsi ecommerce; 3) mengungkapkan pengaruh perceived behavior control terhadap intention to use dalam adopsi e-commerce; 4) mengungkapkan pengaruh intention to use terhadap behavior dalam adopsi e-commerce; dan 5) mengungkapkan pengaruh perceived behavior control terhadap usage behavior dalam adopsi e-commerce. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 183 orang responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan model analisis yaitu structural equation model (SEM) yang dianalisis menggunakan program AMOS 16. Hasil penelitian menunjukkan attitude toward behavior berpengaruh signifikan positif terhadap intention to use dengan nilai CR 2,690 yang signifikan pada level 1%. Subjective norm berpengaruh signifikan pada intention to use dengan nilai CR 1,828 yang signifikan pada level 10%. Perceived behavior control berpengaruh pada intention to use dengan nilai CR 2,967 yang signifikan pada level 1%. Intention to use berpengaruh terhadap usage behavior dengan nilai CR 2,333 yang signifikan pada level 5%. Perceived behavior control berpengaruh pada usage behavior dengan nilai CR 1,661 yang signifikan pada level 1%. Berdasarkan analisis maka hasil penelitian ini semua terbukti, tetapi pada level signifikan yang berbeda – beda. Yaitu attitude toward behavior mempengaruhi intention to use, subjective norm berpengaruh signifikan pada intention to use, Perceived behavior control berpengaruh pada intention to use, Intention to use berpengaruh terhadap usage, dan behavior perceived behavior control berpengaruh pada usage behavior. Kata kunci: attitude toward using, intention to use, Subjective norm, Perceived behavior control, dan usage behavior. x

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 23 Aug 2013 18:30
    Last Modified: 23 Aug 2013 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10460

    Actions (login required)

    View Item