PENGARUH TINGGI GENANGAN AIR DAN KONSENTRASI LOGAM BERAT KADMIUM TERHADAP MIKROSIMBION PADA SIMBIOSIS AZOLLA - Anabaena azollae DI TANAH VERTISOL

HANAFIAH, (2009) PENGARUH TINGGI GENANGAN AIR DAN KONSENTRASI LOGAM BERAT KADMIUM TERHADAP MIKROSIMBION PADA SIMBIOSIS AZOLLA - Anabaena azollae DI TANAH VERTISOL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (3793Kb)

    Abstract

    Logam berat adalah logam yang mempunyai berat jenis lebih tinggi dari 5 atau 6 gr/cm3. Pada umumnya, logam berat dalam kadar yang rendah sudah bersifat racun. Logam berat yang sering mencemari habitat diantaranya adalah Hg, Cr, Cd, As, Cu, Ni , Zn dan Pb (Nugroho, 2001). Menurut Suhendrayatna (2008), logam kadmium (Cd) merupakan logam yang lebih mudah diakumulasi oleh tanaman dibandingkan dengan ion logam berat lainnya. Unsur Cd memiliki sifat kimia yang hampir sama dengan Zn, yaitu dinyatakan dalam keadaan oksidasi 2+ di alam dan mudah dalam penyerapan oleh tanaman dan tanah. Namun Cd lebih bersifat racun sehingga dapat mengganggu aktivitas enzim. Pengendalian pencemaran logam berat dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya menggunakan tanaman air Azolla sebagai bioakumulator. Azolla berasosiasi dengan ganggang hijau-biru Anabaena azollae yang hidup di dalam rongga daunnya dan dapat memfiksasi nitrogen langsung dari udara. Keberadaan logam berat di dalam tanah pada konsentrasi tertentu diduga dapat menurunkan mikrosimbion Anabaena azollae yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat fiksasi nitrogen sehingga mempengaruhi pertumbuhan Azolla dan fungsi Azolla sebagai bioakumulator pada kondisi lahan tercemar logam berat Cd. Azolla dapat tumbuh baik pada hampir semua jenis tanah dengan sifat fisika dan kimia yang bervariasi seperti tanah Entisol dan Vertisol (Suyana, dkk., 1998; Setiaji, 1998). Tinggi genangan air diketahui berpengaruh terhadap ketahanan Azolla pada cekaman lingkungan. Namun belum diketahui pengaruh tinggi genangan air terhadap mikrosimbion 1 Anabaena azollae di tanah Vertisol. Demikian juga pengaruh interaksi antara tinggi genangan air dan konsentrasi logam berat Cd terhadap mikrosimbion Anabaena azollae.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 23 Aug 2013 18:19
    Last Modified: 23 Aug 2013 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10457

    Actions (login required)

    View Item