MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TENTANG SIFAT - SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALEREJO 01 KEBONSARI MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Rahmawati, Farida (2011) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TENTANG SIFAT - SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALEREJO 01 KEBONSARI MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1592Kb)

    Abstract

    Farida Rahmawati.MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TENTANG SIFAT - SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MENERAPKAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALEREJO 01 KEBONSARI MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2011. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Numbered Heads Together. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang sifat – sifat bangun ruang dengan menerapkan tipe numbered heads together pada siswa kelas V SD Negeri Balerejo 01 tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Balerejo 01 dengan jumlah siswa 21. Bentuk pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang berupa hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif interaktif. Data diolah sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung. Strategi yang digunakan adalah strategi tindakan kelas. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus mempunyai empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan kemudian refleksi dan masing – masing siklusnya ada dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap pertemuan diadakan tes awal, tes proses dan post tes sehingga dapat diketahui ada tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa tentang sifat – sifat bangun ruang pada pelajaran Matematika dengan menerapkan tipe numbered heads together dalam pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tentang sifat – sifat bangun ruang mengalami peningkatan, yaitu dari kondisi awal nilai rata – rata siswa 45,86, pada siklus I nilai rata – rata siswa 68,90 dan nilai rata – rata yang diperoleh pada siklus II adalah 84,09. Sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (66) sebanyak 8 siswa (38,10%), pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (66) sebanyak 15 siswa (71,42%), dan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (66) sebanyak 18 siswa (85,71%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis tentang sifat – sifat bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Balerejo 01 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 18:12
    Last Modified: 23 Aug 2013 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10452

    Actions (login required)

    View Item