HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KETUA KELOMPOK TANI DENGAN TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN KELOMPOK DI KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN

Irmayanti , Dwi (2008) HUBUNGAN KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN KETUA KELOMPOK TANI DENGAN TINGKAT PEMENUHAN KEBUTUHAN KELOMPOK DI KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (757Kb)

    Abstract

    Sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan agar pembangunan pertanian dapat terlaksana dengan baik. Sumber daya tersebut terutama adalah petani yang merupakan pemegang peranan inti dalam pembangunan pertanian. Sebagai orang yang menjalankan usaha tani, petani memerlukan suatu wadah yang tepat untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan mereka dalam berusaha tani. Salah satu wadah yang tepat bagi petani dalam meningkatkan kualitasnya adalah kelompok tani. Dengan adanya kelompok tani diharapkan dapat mempercepat tercapainya tujuan para petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup petani dan keluarganya. Kelompok tani dapat menjadi sarana untuk bertukar informasi dengan para petani yang lain sebagai anggota kelompok tani terutama yang berkaitan dengan kegiatan usaha tani. Petani yang tergabung dalam kelompok tani sebagian besar memiliki motif dan tujuan yang sama. Melihat arti pentingnya peranan dari kelompok tani maka kebijaksanaan pembangunan pertanian saat ini didasarkan pada strategi dan pendekatan kelompok, sehingga peran kelompok tani sebagai lembaga pelaksana pembangunan pertanian di tingkat desa akan lebih efektif. Definisi kelompok tani menurut Soedijanto dalam Mardikanto (1994) adalah kumpulan orang-orang tani (dewasa, wanita, pemuda) yang terikat secara informal dalam satu wilayah kelompok atas dasar keserasian kebutuhan bersama serta di lingkungan pengaruh dan pimpinan seorang ketua kelompok tani.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 23 Aug 2013 17:37
    Last Modified: 23 Aug 2013 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10446

    Actions (login required)

    View Item