PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS, LOCUS OF CONTROL, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR (Studi pada Auditor KAP se-Jateng & DIY)

HARYANTI, SRI (2011) PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS, LOCUS OF CONTROL, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR (Studi pada Auditor KAP se-Jateng & DIY). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (3028Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompleksitas tugas, locus of control, dan self efficacy terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dimotivasi oleh fakta bahwa kepuasan kerja merupakan faktor kritis untuk dapat tetap mempertahankan individu berkualifikasi baik. Dihubungkan dengan auditor kepuasan kerja akan berdampak pada kualitas audit judgement yang tertuang dalam laporan audit. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner baik secara langsung maupun dengan metode mail survey di beberapa KAP yang alamatnya ditulis oleh Direktori Kantor Akuntan Publik yang dirilis oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Respondennya adalah auditor yunior di Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, dan Surakarta. Auditor Yunior yang berpartisipasi dalam penelitian ini sejumlah 66 orang dari 14 Kantor Akuntan Publik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kompleksitas tugas, internal locus of control dan self efficacy berpengaruh positif dan sigfikan terhadap kepuasan kerja. Hasil uji secara simultan juga menunjukkan bahwa kompleksitas tugas, internal locus of control dan self efficacy berpengaruh positif dan sigfikan terhadap kepuasan kerja. Nilai pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yaitu kepuasan kerja dalam penelitian ini adalah sebesar 56,7%, sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Kata kunci : Kompleksitas tugas, locus of control, self efficacy, dan kepuasan kerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 23 Aug 2013 15:41
    Last Modified: 23 Aug 2013 15:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10439

    Actions (login required)

    View Item