ANALISIS DAMPAK PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP PEREKONOMIAN ANGGOTA SIMPAN PINJAM USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP) DI KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN

RACHMAWATI, RIZKA DIAN (2011) ANALISIS DAMPAK PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP) TERHADAP PEREKONOMIAN ANGGOTA SIMPAN PINJAM USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP) DI KECAMATAN TANGEN KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1522Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui profil penerima kredit PNPM- MP, (2) mengetahui peran pendampingan dalam pelaksanaan program PNPM-MP dan (3) mengetahui dampak program PNPM-MP terhadap peningkatan produksi, peningkatan penyerapan tenaga kerja, peningakatan penghasilan anggota kelompok PNPM-MP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini : (1) diduga program PNPM-MP meningkatkan hasil produksi anggota, (2) diduga program PNPM-MP meningkatkan jumlah tenaga kerja dan (3) diduga program PNPM-MP meningkatkan penghasilan anggota. Populasi dari penelitian ini adalah anggota simpan pinjam (UEP) penerima PNPM-MP Kabupaten Tangen yang berjumlah 628 orang yang tersebar di 7 Desa dan terbagi dalam 128 kelompok UEP. Sampel diambil sebanyak 100 orang responden dengan teknik Proportional Cluster Random Sampling yang terbagi pada penerima manfaat PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Tangen adalah pada 7 desa Desa Jekawal 14 orang (14%), Desa Galeh 19 orang (19%), Ngrombo 6 orang (6%) , Desa Denanyar 12 orang (12%), Desa Sigit 7 orang (7%) , Desa Dukuh 15 orang (15%), dan Katelan 27 orang (27%). Hasil uji hipotesisi ditemukan bahwa (1) Program PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan tangen mempunyai dampak yang signifikan terhadap nilai produksi anggota UEP, hipotesis 1 terbukti (2) Program PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan tangen mempunyai dampak yang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja anggota UEP, hiptesis 2 terbukti (3) Program PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan tangen mempunyai dampak yang signifikan terhadap penghasilan anggota UEP, hipotesis 3 terbukti. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Keterlibatan perempuan dalam kegiatan UPK terutama melalui kegiatan ekonomi produktif haruslah selalu diberikan pendampingan dan pemantauan. Kegiatan pemantauan dimaksudkan agar dari kegiatan-kegiatan yang mendapat bantuan dapat dipertahankan. Pengelola UPK haruslah dapat memberikan pembinaan dan pendampingan, karena dengan pembinaan dan pendampingan maka usaha-usaha yang semula dibiayai oleh UPK dapat berkembang menjadi lebih besar. (2) Program PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) layak dipertahankan karena dalam pelaksanaannya benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat, melalui pembangunan parasarana dan sarana yang mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 23 Aug 2013 15:08
    Last Modified: 23 Aug 2013 15:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10434

    Actions (login required)

    View Item