HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN TINGKAT KEBISINGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

RINI, SULISTIYO (2011) HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DAN TINGKAT KEBISINGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (830Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. (2) apakah ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kebisingan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. (3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan tingkat kebisingan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 296 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebesar 10% yang diambil dari populasi tiap kelas yaitu berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode angket yang didukung metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali dengan nilai rhitung sebesar 0,424 > sebesar rtabel 0,349. (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara tingkat kebisingan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali dengan nilai rhitung sebesar 0,411 > sebesar rtabel 0,349 (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara antara kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan tingkat kebisingan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali dengan nilai F hitung sebesar 5,274 > Ftabel sebesar 3,295. Sumbangan Relatif (SR) kedisiplinan belajar (X 1 ) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) sebesar 52,18% dan Sumbangan kebisingan lingkungan sekolah (X 2 ) Relatif (SR) tingkat terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) sebesar 47,82%. Sedangkan Sumbangan Efektif (SE) kedisiplinan belajar (X 1 ) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) 13,92% dan Sumbangan Efektif tingkat kebisingan lingkungan sekolah (X 2 ) terhadap Y sebesar 12,75%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 23 Aug 2013 14:35
    Last Modified: 23 Aug 2013 14:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10430

    Actions (login required)

    View Item