KEGIATAN KOMUNIKASI DAN PARTISIPASI DONOR DARAH SUKARELA (Studi Korelasi Hubungan Antara Aktivitas Mahasiswa Dalam Mengikuti Kegiatan Komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Kota Surakarta Dengan Partisipasi Mahasiswa FISIP UNS Sebagai Pendonor Darah Sukarela)

Windarto, Latief Bugi (2011) KEGIATAN KOMUNIKASI DAN PARTISIPASI DONOR DARAH SUKARELA (Studi Korelasi Hubungan Antara Aktivitas Mahasiswa Dalam Mengikuti Kegiatan Komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Kota Surakarta Dengan Partisipasi Mahasiswa FISIP UNS Sebagai Pendonor Darah Sukarela). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (938Kb)

    Abstract

    Palang Merah Indonesia dalam visinya menetapkan agar dikenal secara luas sebagai organisasi kepalangmerahan dalam memberikan pelayanan kepada yang membutuhkan secara efektif dan tepat waktu dengan semangat kenetralan dan kemandirian, maka diperlukannya sosialisasi donor darah kepada khalayak, guna memperkenalkan dan memasyarakatkan lagi kebiasaan donor darah. Untuk memenuhi visi dan misi PMI sebagai satu-satunya organisasi yang bertugas dibidang donor darah, maka perlu diadakannya sebuah kegiatan komunikasi donor darah. Dalam hal ini adalah sosialisasi tentang donor darah yang dilakukan PMI Cabang Kota Surakarta. Berdasarkan pemikiran tersebut peneliti ingin melihat apakah ada hubungan Antara Aktivitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Kota Surakarta dengan partisipasi mahasiswa FISIP UNS sebagai pendonor darah sukarela. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatory dan metode yang digunakan adalah metode survei. Sebagai alat pengumpulan data digunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UNS yang berjumlah 96 responden Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan rumus pearson’s product moment. Dengan menggunakan rumus Parsial ini dapat mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen melalui variabel perantara. Koefisien korelasi menunjukkan kekuatan dan arah hubungan kedua variabel. Angka koefisien korelasi sebesar 0,463 menunjukkan bahwa derajat hubungan antara aktivitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Kota Surakarta dengan partisipasi mahasiswa FISIP UNS sebagai pendonor darah sukarela termasuk sedang. Tanda korelasi yang positif menunjukkan bahwa arah hubungannya sebanding, artinya semakin tinggi aktivitas mahasiswa dalam mengikuti kegiatan komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Cabang Kota Surakarta maka semakin tinggi pula partisipasi mahasiswa FISIP UNS sebagai pendonor darah sukarela. Sekalipun demikian,partisipasi akan dipengaruhi juga faktor pemahaman mahasiswa dalam materi kegiatan komunikasi Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI cabang kota Surakarta yaitu sosialisasi donor darah yang diperoleh. Dengan aktivitas yang tinggi dan pemahaman yang baik, maka partisipasi mahasiswa sebagai pendonor darah sukarela semakin besar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 23 Aug 2013 05:33
    Last Modified: 23 Aug 2013 05:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10420

    Actions (login required)

    View Item