EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN PENYAMPAIAN LAPORAN SPT MASA PPN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK ( STUDI KASUS DI KP2KP WONOGIRI TAHUN 2010 )

Adi, Fahmi Hidayat (2011) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN PENYAMPAIAN LAPORAN SPT MASA PPN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK ( STUDI KASUS DI KP2KP WONOGIRI TAHUN 2010 ). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1034Kb)

    Abstract

    EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN PENYAMPAIAN LAPORAN SPT MASA PPN BAGI PENGUSAHA KENA PAJAK ( STUDI KASUS DI KP2KP WONOGIRI TAHUN 2010 ) Fahmi Hidayat Adi F3408003 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pelaporan SPT masa PPN bagi pengusaha, untuk mengevaluasi tingkat kepatuhan penyampaian laporan SPT Masa PPN bagi pengusaha kena pajak Tahun 2010. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi agar kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan SPT Masa PPN semakin meningkat. Dalam mengevaluasi tingkat kepatuhan, peneliti membandingkan jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT masa dengan jumlah wajib pajak yang terdaftar. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan jumlah pengusaha kena pajak sebanyak 11 PKP. PKP yang melaporkan SPT pada tahun 2009 rata-rata mencapai 92,49%, sedangkan pada tahun 2010 rata-rata pelaporan SPT sebesar 93,21%. Kesimpulan yang diperoleh dari pembahasan yang telah dilakukan adalah tingkat kepatuhan pelaporan SPT Masa PPN tahun 2010 di wilayah kerja KP2KP Wonogiri sudah baik, karena Wajib Pajak yang menyampaikan SPT Masa PPN rata-rata sudah mencapai 93,21%. Terjadi peningkatan kepatuhan penyampaian SPT Masa PPN tahun 2010 yaitu sebesar 0,72% dari tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis sampaikan adalah agar KP2KP Wonogiri lebih meningkatkan penyuluhan tentang tata cara pengisian SPT supaya Wajib Pajak tidak salah dalam mengisi SPT. Bagi Account Reprensitative yang bertugas di wilayah wonogiri diharapkan lebih optimal dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum. Meningkatkan kualitas pelayanan dengan berlandaskan 4 K, yaitu keamanan, kenyamanan, kelancaran, dan kepastian hukum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 01:49
    Last Modified: 23 Aug 2013 01:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10398

    Actions (login required)

    View Item