PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas)

WAHYUNINGSIH, SRI (2011) PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1026Kb)

    Abstract

    Sri Wahyuningsih. K7407139.PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2011. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dalam pembelajaran Akuntansi melalui pendekatan kooperatif tipe Group Investigation (GI)pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Obyek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain informan, tempat atau lokasi, peristiwa, dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) persiapan, (2) penyusunan rencana tindakan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) pengamatan, (5) refleksi, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, alokasi waktu masing-masing pertemuan 3 x 45 menit dan 2 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep dalam pembelajaran akuntansi (baik proses maupun hasil) melalui pendekatan kooperatif tipe group investigation (GI). Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi siswa dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 70 % atau 21 siswa pada siklus I menjadi 84,11% atau 30 siswa pada siklus II. (2) interaksi antarsiswa dalam kelompok kooperatif meningkat dari 76,53% atau 25 siswa pada siklus I menjadi 86,92% atau 31 siswa pada siklus II, (3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan laporan keuangan (telah mencapai batas KKM) meningkat dari 40% atau 16 siswa pada siklus I menjadi 87,5% atau 35 siswa pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1)Penerapan pendekatan kooperatif tipe Gorup Investigation (GI), (2) Guru membuat Rencana Pembelajaran terlebih dahulu sebelum mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung terarah dan terprogram, (3) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan penguasaan konsep dalam pembelajaran akuntansi baik dari segi proses maupun hasil.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 01:36
    Last Modified: 23 Aug 2013 01:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10397

    Actions (login required)

    View Item