UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAMELALUI METODE EKSPERIMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI PETORAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Wati, Winda (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAMELALUI METODE EKSPERIMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI PETORAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1270Kb)

    Abstract

    Winda Wati. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS IV B SD NEGERI PETORAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA bagi anak berkesulitan belajar kelas IV B SD Negeri Petoran Surakarta melalui metode eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Petoran Surakarta tahun ajaran 2010 / 2011 yang terdiri dari 39 siswa, dimana terdapat 7 siswa yang terdeteksi sebagai anak berkesulitan belajar yaitu 4 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Validitas data penelitian menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA anak berkesulitan belajar kelas IV B SD Negeri Petoran Surakarta tahun ajaran 2010 / 2011.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 00:57
    Last Modified: 23 Aug 2013 00:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10395

    Actions (login required)

    View Item