KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SEJAHTERA TAPAK (Studi Kasus Pada Loan Service di PT. BTN (Persero), Tbk.Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo)

ANGGRAINI, IDA AYU (2011) KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SEJAHTERA TAPAK (Studi Kasus Pada Loan Service di PT. BTN (Persero), Tbk.Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1130Kb)

    Abstract

    ANALISIS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) SEJAHTERA TAPAK (Studi Kasus Pada Loan Service di PT Bank Tabungan Negara (persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo) IDA AYU ANGGRAINI F 3608035 Pengertian kredit mempunyai dimensi yang beraneka ragam,berawal dari kata “Kredit” yang berasal dari bahasa yunani (credere) yang berarti “kepercayaan” atau dalam bahasa latin yaitu “creditum” yang berarti “kepercayaan akan kebenaran”. Pengertian kredit berdasarkan UU No. 14 tahun 1967 “Kredit adalah penyediaan uang uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam – meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga (pasal 1 ayat 2)” Penelitian dilakukan penulis pada PT. BTN (persero), Tbk. KCP Sukoharjo. Permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini adalah mengenai analisis prosedur pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) Sejahtera Tapak. Hasil kajian berupa: 1). Produk yang disediakan pada PT. BTN. (persero), KCP Sukoharjo 2). Prosedur dalam memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera Tapak kepada nasabah 3). Data nasabah beserta formulir yang digunakan untuk mengajukan permohonan kredit pemilikan rumah (KPR) Sejahtera Tapak. Data- data yang didapatkan penulis berupa: a) Data primer yaitu data yang diperoleh dari peninjauan dan pengamatan secara langsung di PT. BTN (persero), KCP. Sukoharjo. Dalam pengamatan tersebut penulis mengamati prosedur pemberian kredit dari tahap pengenalan produk, syarat pengajuan kredit pemilikan rumah, wawancara, realisasi kredit hingga pengarsipan data. b) Data sekunder yaitu data yang yang telah tersedia kemudian diambil penulis untuk dijadikan acuan. Data tersebut didapat dari buku,informasi yang tertera pada website maupun blangko dan brosur yang ada pada Bank Tabungan Negara. Metode pembahasan masalah yang digunakan penulis adalah metode pembahasan deskriptif, yaitu pembahasan dengan menggambarkan dan menjelaskan secara secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai objek yang diteliti. Kata Kunci : PT.BTN (persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Sukoharjo, Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera Tapak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 23 Aug 2013 00:19
    Last Modified: 23 Aug 2013 00:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10392

    Actions (login required)

    View Item