PENGARUH STRESOR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Kusumaningrum, Andri Tri (2010) PENGARUH STRESOR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1035Kb)

    Abstract

    Andri Tri Kusumaningrum, S540209205, 2010. Pengaruh Stresor dan cara belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa D III kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Tesis : Program Magister Program Studi Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2010. Banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa diantaranya faktor stresor yang muncul dan cara belajar. Stresor lingkungan fisik, psikologis dan beban belajar merupakan sumber stres sehingga mahasiswa bisa jatuh kondisi stress yang akan sangat mempengaruhi proses belajar, sehingga berdampak pada prestasi belajar mahasiswa. Dari hasil pengamatan, tahun 2008 nilai prestasi belajar yang dicapai, dengan nilai cukup 59 %. dan tahun 2009 hasil nilai akhir prestasi dengan nilai cukup 65%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh stresor dan cara belajar terhadap prestasi belajar. Desain penelitian ini yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel meliputi semua mahasiswa kebidanan semester VI melalui pencuplikan simple random sampling yaitu sebesar 75 responden. Variabel dependen yang diteliti prestasi belajar. Sedangkan variabel independen yaitu stresor dan cara belajar. Uji bivariat menggunakan uji pearson dan uji multivariat dianalisis dengan regresi linier berganda. Dari hasil uji statistik pada variabel stresor terhadap prestasi belajar di dapatkan p value=0.000, sedangkan pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar, didapatkan p value = 0,000. Nilai regresi variabel stresor dan cara belajar dinyatakan signifikan. Koefisien regresi ditunjukkan dalam bentuk persamaan regresi linier ganda = 3,327-0.016X1+0.05 X2 Penelitian ini menyimpulkan bahwa stresor dan cara belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. Untuk itu perlu adanya lingkungan yang kondusif dan usaha menurunkan stresor mahasiswa sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Hendaknya melakukan penelitian dengan observasi langsung dan waktu penelitian lebih lama dan lebih mengendalikan faktor luar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Kata Kunci : Stresor, Cara Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:57
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10370

    Actions (login required)

    View Item