ANALISIS PERUBAHAN MIKROANATOMI DAN VARIASI POLA PITA ISOZIM PADA INSANG DAN GINJAL KERANG AIR TAWAR Anodonta woodiana TERHADAP PAPARAN LOGAM BERAT KADMIUM

Fitriwan, Fuad (2010) ANALISIS PERUBAHAN MIKROANATOMI DAN VARIASI POLA PITA ISOZIM PADA INSANG DAN GINJAL KERANG AIR TAWAR Anodonta woodiana TERHADAP PAPARAN LOGAM BERAT KADMIUM. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (943Kb)

    Abstract

    Kadmium (Cd) selain memiliki manfaat bagi beberapa industri juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu bioindikator yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran logam berat Cd dalam perairan yaitu dengan A.woodiana yang merupakan hewan filter feederer non selective dan sessil (menetap). Akumulasi logam berat Cd pada suatu organisme perairan akan menyebabkan terganggunya beberapa organ vital seperti insang dan ginjal serta terganggunya sistem enzim. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat akumulasi, perubahan struktur mikroanatomi, dan munculnya variasi pola pita isozim setelah perlakuan logam berat Cd pada insang dan ginjal A. woodiana. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimental laboratorium dengan rancangan acak lengkap (5 x 3) berupa besarnya paparan (P) logam berat Cd (0 ppm, 0,5 ppm, 1 ppm, 5 ppm, 10 ppm) dan waktu (W) pemaparan logam berat Cd (setelah 7 hari, 14 hari, dan 30 hari). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Anatomi Kedokteran Hewan UGM, Laboratorium Kehutanan UGM serta Sub Laboratorium Kimia MIPA UNS Surakarta. Adapun parameter pengujian yang akan dilakukan yaitu uji akumulasi logam berat Cd pada insang dan ginjal ditinjau dengan metode AAS, abnormalitas insang dan ginjal akibat akumulasi logam berat Cd ditinjau dengan metode preparasi, analisis variasi pola pita isozim pada insang dan ginjal. Adapun analisis akumulasi logam berat Cd pada insang dan ginjal menggunakan analisis varian (anava) dan dilanjutkan dengan uji lanjut jarak duncan, sedangkan analisis abnormalitas serta pola pita isozim dilakukan dengan pengamatan secara langsung (kualitatif) adanya perbedaan secara nyata antara kontrol dan perlakuan logam berat Cd. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pemberian beberapa perlakuan logam berat Cd terhadap kontrol insang dan ginjal A. woodiana signifikan sebesar 475,3 > 0,000 dan 60150,3 >0,000 dengan taraf signifikansi rata-rata 5% (P<0,05) yang ditandai dengan perubahan struktur mikroanatomi pada insang berupa edema, hyperplasia, fusi lamella, nekrosis hingga atropi. Sedangkan pada ginjal berupa edema, hiperplasia dan nekrosis pada tubulus, glomerulus, dan mineralisasi pada sel darah hingga mengalami pendarahan. Serta ditunjukkan dengan munculnya pola pita isozim dari enzim esterase dan SHD. Kata Kunci: Insang, Ginjal, A. woodiana, Kadmium, Isozim.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Biosains
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:55
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10369

    Actions (login required)

    View Item