AKTIVITAS DIVISI KREATIF CV. RAYA SEMESTA Adv (RUMAH SUKA GRAPHIC DESIGN) SURAKARTA

Erawan, Gandhi (2010) AKTIVITAS DIVISI KREATIF CV. RAYA SEMESTA Adv (RUMAH SUKA GRAPHIC DESIGN) SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (293Kb)

    Abstract

    Kebutuhan manusia akan adanya periklanan terus berkembang seiring tumbuhnya penduduk dan perkotaan yang dipenuhi oleh banyaknya supermarket, restoran serta pusat-pusat perdagangan dan penyedia jasa. Selain itu perkembangan teknologi media cetak maupun elektronik juga sangat berpengaruh pada perkembangan dunia periklanan (www.jackvisual.blogspot.com/2006/01/pengantar-periklanan.html). Dunia periklanan sendiri mempunyai beberapa perbedaan pendapat. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan jenis media, cara produksi, dan tujuan utamanya. Akan tetapi perbedaan-perbedaan tersebut masih bisa diterima, karena setiap biro periklanan mempunyai tujuan yang berbeda, melayani clien yang berbeda, menggunakan media yang berbeda, serta meraih kelompok sasaran yang berbeda pula. Secara umum, dunia periklanan memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu adanya daya cipta. Daya cipta ini sering juga disebut dengan ide atau gagasan (Gene, 1988:4). Oleh karena itu, ide atau gagasan merupakan syarat mutlak yang harus ada dalam dunia periklanan. Bahkan seperti dikutip oleh Heryati, Roman dan kawan-kawan menyatakan bahwa periklanan adalah sebuah bisnis tentang ide dan kreatifitas. Kelihaian dalam menggambar bukan akar dari periklanan, karena ia hanya merupakan sarana untuk mencapai tujuan. Akarnya adalah ide. Menggambar hanyalah upaya ekspresi citra dari adanya ide dalam pikiran. Perwujudan ide dalam sebuah citra atau gambar memang penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukanlah syarat utama. (www.jackvisual.blogspot.com/2006/01/pengantar-periklanan.html). adanya naluri dan ide pemasaran yang dapat memadukan sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai komersial dari sebuah gagasan jauh lebih penting (www.jackvisual.blogspot.com/2006/01/pengantar-periklanan.html). Oleh karena itu, seorang konseptor yang penuh dengan ide-ide kreatif, setidaknya juga memiliki cita rasa visual yang baik. Sebidang karya yang secara visual tidak beraturan akan merusak sebuah konsep yang kuat. Untuk mengasah pengetahuan tentang hal tersebut, desain grafis merupakan pilihan yang umum untuk dipelajari. Dengan desain grafis, didapatkan pengetahuan tentang teknik-teknik dasar grafis yang akan membantu memperindah karya melalui tipografi, teori warna hingga komunikasi visual. Selain itu, fotografi juga bisa menjadi pilihan. Dari situ, dapat dipelajari teknik pengambilan gambar dan pencahayaan yang baik, tata letak yang rapi (ataupun yang berantakan) dan tentunya bagaimana menggabungkan semua elemen visual dalam sebuah karya. Dari uraian di atas, perlu kiranya pendalaman tentang dunia desain grafis untuk menunjang kemampuan mencipta iklan yang baik. Pemilihan CV Raya Semesta Adv (RumahSukaGraphicDesign) sebagai tempat magang, didasarkan pada keinginan untuk memperdalam pengetahuan serta praktik di bidang desain. Selain itu, CV Raya Semesta Adv sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa, merupakan institusi yang baru berdiri. Artinya, sebagai sebuah lembaga baru memerlukan promosi yang cukup maksimal supaya cepat dikenal oleh masyarakat luas. Dari sini, akan bisa dipelajari secara maksimal bagaimana mempromosikan sebuah perusahaan atau lembaga yang baru berdiri. Pemilihan di divisi kreatif, dirasa cukup tepat untuk mengetahui dan mempelajari seluk beluk dunia desain sebagai perwujudan dari ide-ide kreatif. Peranan divisi kreatif di CV Raya Semesta Adv menjadi penting dijadikan topik pembahasan. Karena dalam divisi ini mempunyai peran yang cukup signifikan dalam memajukan lembaga melalui ide-ide kreatif sebagai ujung tombak dalam membentuk image serta mengenalkan lembaga kepada masyarakat luas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:52
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10368

    Actions (login required)

    View Item