EVALUASI PETANI TERHADAP PROGRAM SIARAN WARUNG TANI YANG DISIARKAN DI RADIO POP FM SRAGEN SEBAGAI SUMBER INFORMASI PERTANIAN DI KABUPATEN SRAGEN

SUMAYAH , ISNAINI (2008) EVALUASI PETANI TERHADAP PROGRAM SIARAN WARUNG TANI YANG DISIARKAN DI RADIO POP FM SRAGEN SEBAGAI SUMBER INFORMASI PERTANIAN DI KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (499Kb)

    Abstract

    Isnaini Sumayah. H 0403043. EVALUASI PETANI TERHADAP PROGRAM SIARAN WARUNG TANI YANG DISIARKAN DI RADIO POP FM SRAGEN SEBAGAI SUMBER INFORMASI PERTANIAN DI KABUPATEN SRAGEN. Di bawah bimbingan Ir. Supanggyo, MP dan Dra. Suminah, MSi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pemerintah Kabupaten Sragen berupaya untuk memajukan sektor pertanian melalui pembangunan pertanian berkelanjutan. Seiring dengan berjalannya kegiatan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sragen, perlu ditunjang adanya kegiatan penyuluhan untuk mengembangkan potensi petani di antaranya melalui siaran radio. Namun Kegiatan penyuluhan melalui radio dirasa masih jarang dilakukan. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui bagaimana evaluasi petani terhadap program siaran Warung Tani. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji karakteristik petani, mengkaji evaluasi petani terhadap metode, sarana prasarana dan hasil dari program siaran Warung Tani, mengkaji hubungan antara karakteristik petani dengan evaluasi petani terhadap metode, sarana prasarana dan hasil program siaran Warung Tani dan megkaji hubungan antara karakteristik petani dengan evaluasi petani terhadap program siaran Warung Tani. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan teknik survai. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sragen. Populasi penelitian ini adalah semua petani yang mendengarkan Warung Tani di tiga kecamatan di Kabupaten Sragen yaitu Kecamatan Gondang, Sidoharjo dan Masaran. Populasi penelitian ini adalah semua petani yang mendengarkan Warung Tani di tiga kecamatan di Kabupaten Sragen yaitu Kecamatan Gondang, Sidoharjo dan Masaran. Teknik pengambilan sampel secara snowball sampling. Sampel yang diambil sebanyak 45 responden. Untuk menganalisis karakteristik dan evaluasi petani menggunakan nilai tengah atau median. Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik petani dengan evaluasi petani terhadap program siaran Warung Tani digunakan uji korelasi jenjang Spearman (Rank Spearman). Uji signifikansi dapat ditetapkan dengan menggunakan uji student t denga taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara umur, pendidikan formal pengalaman, selektive exsposure petani terhadap evaluasi metode dan sarana prasarana sedangkan pendidikan non formal dan konsentrasi tidak berhubungan signifikan. Evaluasi petani terhadap hasil program siaran Warung Tani, variable umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, pengalaman, selective exsposure dan konsentrasi petani memberikan hubungan yang signifikan. Variabel pendidikan formal, pengalaman, selective exposure dan konsentrasi terdapat hubungan yang signifikan terhadap evaluasi total program siaran Warung Tani. Sementara variabel umur dan pendidikan non formal tidak berhubungan signifikan terhadap evaluasi total program siaran Warung Tani.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Afif Wandala
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:47
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10363

    Actions (login required)

    View Item