PENGUKURAN KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) PADA TELKOM SPEEDY

Arywibowo, Frengky (2010) PENGUKURAN KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) PADA TELKOM SPEEDY. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (913Kb)

    Abstract

    Kesadaran merek merupakan salah satu elemen dari brand equity yang sangat penting. Dengan kesadaran merek maka merek akan lebih dikenal oleh konsumen. Untuk itu dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengambil judul “Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Telkom Speedy”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah merek Telkom Speedy telah menjadi Top of Mind dan untuk mengetahui cara pengukuran kesadaran merek (brand awareness) berdasarkan tingkat Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, dan Unaware of brand. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran atau deskripsi secara sistematis mengenai objek yang diteliti, kemudian melakukan pengolahan data dari hasil kuesioner, serta frekuensinya disajikan dalam bentuk presentase untuk dapat menarik kesimpulan apakah merek Telkom Speedy telah menjadi Top of Mind. Data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan data pendukung yang diperoleh dari arsip perusahaan dan hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkom Speedy telah menjadi Top of Mind. Hal itu ditunjukkan dengan sebanyak 35 orang atau 35 % responden menjawab merek Telkom Speedy sebagai merek penyedia jasa layanan akses internet yang paling diingat. Telkom Speedy menempati posisi kedua dalam analisis Brand Recall, itu berarti kebanyakan responden menyebut merek Telkom Speedy sebagai Top of Mind. Pada analisis brand recognition 9 orang atau 9 % responden perlu diingatkan akan keberadaan merek penyedia jasa layanan akses internet Telkom Speedy. Walaupun menempati Top of Mind tetapi ada 2 orang atau 2 % responden tidak mengenal sama sekali (Unaware of Brand) merek Telkom Speedy. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari perhitungan analisis Brand Awareness didapatkan bahwa merek Telkom Speedy menempati posisi Top of Mind 35 %, merek Indosat Im2 menempati posisi pertama apada analisis Brand Recall 40 %, pada analisis Brand Recognition didapatkan bahwa sebanyak 9 orang atau 9 % responden perlu diingatkan akan keberadaan merek Telkom Speedy, dan pada analisis Unaware of Brand terdapat 2 orang atau 2 % responden yang tidak mengingat keberadaan merek Telkom Speedy. Serta 24 orang atau 24 % responden mengetahui keberadaan merek Telkom Speedy melalui iklan di TV. Saran bagi perusahaan yaitu perusahaan perlu melakukan promosi yang lebih gencar agar Telkom Speedy lebih dikenal oleh konsumen. Kata kunci : ekuitas merek ( brand equity ) , kesadaran merek ( brand awareness), puncak pikiran (top of mind ), pengenalan merek ( brand recall) pengingatan kembali merek ( brand recognition) , and tidak menyadari merek ( unaware of brand )

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:26
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10358

    Actions (login required)

    View Item