STRATEGI BAURAN PROMOSI YANG DITERAPKAN PADA PRODUK PROLINU DI PT. AIR MANCUR

Nugroho, Aan (2010) STRATEGI BAURAN PROMOSI YANG DITERAPKAN PADA PRODUK PROLINU DI PT. AIR MANCUR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (570Kb)

    Abstract

    Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahas an masalah ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran promosi yang dilakukan PT.Air Mancur pada produk Prolinu dan untuk mengetahui tingkat efisiensi penerapan bauran promosi terhadap voume penjualan. Objek pengamatan dilakukan di PT Air Mancur. Metode pembahasan yang dilakukan dalam menganalisis data adalah analisis diskriptif, yaitu memaparkan rangkaian informasi atau data mengenai penerapan bauran promosi pada produk prolinu di PT. Air Mancur, dan dengan teknik efisiensi biaya promosi terhadap volume penjualan selama tahun 2007-2009. Strategi promosi yang diterapkan pada produk prolinu oleh PT Air Mancur meliputi periklanan, promosi penjualan, personal selling, dan publisitas. Untuk mengetahui tingkat efisiensi strategi bauran promosi, digunakan perbandingan biaya promosi dengan volume penjualan dalam presentase antara tahun 2007 - 2009. Pada tahun 2007 tingkat efisiensi sebesar 92,3% kemudian tahun 2008 sebesar 90,4% dan pada tahun 2009 sebesar 84,5%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan PT.Air Mancur dapat dikatakan efisien karena presentase perbandingan biaya promosi dengan volume penjualan selalu turun dari periode satu ke periode berikutnya. Saran yang diberikan sebaiknya perusahaan lebih mengoptimalkan atau menambah kegiatan promosi terutama personal selling karena kegiatan tersebut sangat efektif untuk mempengaruhi konsumen melakukan pembelian dan memaksimalkan biaya promosi agar dapat meningkatkan volume penjualan yang diharapkan perusahaan. Kata kunci: Bauran Promosi (Promotion Mix), Promosi ( Promotion), Efisiensi (Efficiency)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 22 Aug 2013 17:22
    Last Modified: 22 Aug 2013 17:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10355

    Actions (login required)

    View Item