KEGIATAN MARKETING IKLAN DI CV. DINI MEDIA PRO

Basuki, Slamet (2010) KEGIATAN MARKETING IKLAN DI CV. DINI MEDIA PRO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (505Kb)

    Abstract

    Pertumbuhan industri periklanan di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari data belanja media yang untuk setiap tahunnya yang terus naik. Dari keadaan ini dapat disimpulkan bahwa persaingan di antara pengiklan berikut biro iklannya sangat ketat, masing-masing berlomba untuk memberikan terobosan yang efektif dan efisien dalam industri periklanan. Periklanan merupakan sebuah fenomena dalam bisnis modern. Saat ini, dalam era persaingan bisnis yang sangat ketat, hampir tidak ada sebuah perusahaan yang ingin maju dan berkembang usahanya tanpa memanfaatkan iklan. Bahkan salah satu parameter bonafiditas perusahaan dapat dilihat dari seberapa besar dana yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi dan menayangkan iklan tersebut. Iklan dinilai sangat efektif untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Diharapkan iklan mampu membentuk persepsi atau citra yang baik di benak konsumen terhadap produk yang diiklankan suatu perusahaan. Iklan berperan sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dengan masyarakat, mengkomunikasikan maskud dari produsen ke khalayak ramai atau calon konsumen. Selain itu, iklan juga mempunyai kekuatan untuk membujuk (persuasif) calon konsumen untuk beralih menggunakan produk yang diiklankan dan memelihara ingatan konsumen terhadap produknya. Periklanan mempunyai peran ganda, selain berfungsi sebagai kegiatan pemasaran juga sekaligus merupakan kegiatan komunikasi. Kegiatan pemasaran meliputi strategi pemasaran, yaitu logika pemasaran yang dipakai untuk unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran. 1 (Kotler, 1991:416). Sebuah iklan harus mampu mengkomunikasikan ke masyarakat tentang produk atau jasa yang ditawarkannya. Oleh karena itu, untuk menciptakan komunikasi yang efektif, maka harus dipahami betul siapa khalayak sasarannya dan media apa sajakah yang akan digunakan. Setiap media promosi mempunyai karakteristik masing-masing. Surat kabar merupakan salah satu media cetak yang sangat efektif dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Kelebihan surat kabar selain beritanya aktual, dapat menjangkau daerah pedesaan/pelosok hingga wilayah perkotaan disesuaiakn dengan sasaran pasarnya (nasional, regional atau lokal) dan sifatnya yang fleksibel yaitu dapat dibaca dan dibawa kemanapun, juga segmentasi dari pembaca surat kabar yang lebih jelas, sehingga memudahkan bagi pemasang iklan untuk memilih media mana yang sesuai dengan produk atau jasa yang ingin dipromosikan. Di sinilah diperlukan strategi pemasaran untuk mendapatkan klien/relasi yang bersedia untuk memasang iklan produk atau jasanya melalui sebuah biro iklan. CV Dini Media Pro merupakan salah satu biro iklan bersifat multi usaha yang meliputi: Advertising, Publishing dan Event Organizing. Dalam bidang periklanan, Dini Media Pro menangani media lini atas dan media lini bawah. Untuk media lini atas (above the line), contohnya seperti: televisi, radio, surat kabar, majalah, iklan luar ruang (outdoor), bioskop. Sedangkan media lini bawah (below the line) adalah leaflet, brosur, poster, folder, flyer, broadsheet, kalender, katalog, kartu pos berwarna, agenda, catatan, nomor telepon, daftar harga, formulir pemesanan, kartu garansi, serta formulir sayembara. Dengan melakukan Kuliah Kerja Media (KKM) di Dini Media Pro, penulis berharap dapat memperoleh pengetahuan yang tidak penulis dapatkan selama di bangku kuliah, sehingga nantinya siap untuk terjun ke dunia kerja. Secara khusus, memberikan pengalaman tentang seluk beluk dunia marketing iklan dalam menangani klien dengan penerapan komunikasi yang efektif. Sesuai alasan di atas, maka saya mengambil judul KEGIATAN MARKETING IKLAN DI CV DINI MEDIA PRO. Bagi sebuah perusahaan peranan marketing adalah sangat penting, karena sebagai ujung tombak perusahaan. Oleh sebab itu, dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia periklanan, sebuah biro iklan tentunya harus mempunyai strategi marketing yang tepat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 01:03
    Last Modified: 22 Aug 2013 01:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10333

    Actions (login required)

    View Item