MEKANISME KERJA CREATIVE DESIGN DALAM SEBUAH PEMBUATAN IKLAN DI CV. CIPTA GRAHA SELARAS SURAKARTA

Yuwono, Argo Chris Tianto (2010) MEKANISME KERJA CREATIVE DESIGN DALAM SEBUAH PEMBUATAN IKLAN DI CV. CIPTA GRAHA SELARAS SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (512Kb)

    Abstract

    Pesatnya perkembangan dunia bisnis pada saat ini mengharuskan setiap pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. membanjirnya produk-produk baru mengakibatkan semakin ketatnya persaingan diantara para pelaku bisnis, masyarakat pun semakin selektif dalam memilih produk yang akan digunakanya. Semakin ketatnya persiangan membuat para pengelola bisnis melihat dengan sangat jelinya dengan keunggulan produk dalam perusahaanya,dan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap celah dan peluang pasar yang ada untuk memperoleh hasil yang maksimal, sehingga menempatkan produknya dalam posisi yang utama. Untuk dapat mempertahankan posisinya, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat menemukan inovasi baru sebagai strategi kreatifnya, salah satunya dalam bidang promosi produknya karena dengan melakukan promosi produk merupakan salah satu upaya mempertahankan keunggulan produk dan merebut pangsa pasar yang dituju. Meski tanpa disadari para insan didunia periklananpun saling berusaha untuk bersaing kreatifitas secara positif untuk dapat memberikan suatu karya yang terbaik bagi para kliennya. Dengan demikian periklanan di Indonesia akan semakin maju dan berkembang terus dari masa ke masa, serta mampu menghasilkan para kreator-kreator di dunia karya seni iklan yang semakin baik dan berkualitas. Seiring dengan hal itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik program D3 Komunikasi Terapan jurusan Periklanan Universitas Sebelas Maret Surakarta, mengadakan Kuliah Kerja Media (KKM), Kuliah Kerja Media ini sendiri merupakan dasar pelaksanaan kerja nyata untuk para mahasiswa yang tengah menempuh tahap akhir dalam masa perkuliahannya. Kuliah Kerja Media ini juga dijadikan sarana latihan dimana mahasiswa diharapkan mampu mengenal dunia kerja nyata dan mempraktekkan apa yang telah didapatkan selama kuliah ke dalam dunia kerja secara langsung. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini juga merupakan peranan penting untuk mahasiswa, dimana mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat, dan membangun kerjasama dan kepercayaan dengan orang lain (dalam dunia nyata dengan segala realita aktifitas yang ada), selain itu Kuliah Kerja Media juga merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Penjelasan penulisan laporan Kuliah Kerja Media ini lebih tertuju pada bagian creative. Karena setelah satu bulan ini penulis telah melaksanakan Kuliah kerja Media di CV Cipta Graha Selaras, suatu Perusahaan Pemasaran Perumahan di kota solo, yang beralamatkan , Jl Adi Sucipto no 345, Surakarta ( Pojok selatan Tugu Adipura). dimana penulis di tempatkan pada bagian creative design. Selama melaksanakan Kuliah Kerja Media ini penulis memang dituntut untuk lebih kreatif, karena pada masa tersebut bertepatan dengan dihadirkannya dua produk baru perusahaan ini, oleh karena itu bagian kreatif dituntut untuk menyajikan tampilan desain iklan produk yang lebih menarik dibandingkan desain iklan produk yang sebelumnya sudah diluncurkan perusahaan ini.bertepatan dengan hal ini, penulis ingin lebih mempelajari lebih dalam bagaimana tugas serta tanggung jawab seorang creative design serta bagaimana proses dapur kreatif dalam suatu Perusahaan Pemasaran serta program – program dan strategi yang dipersiapkan sebelum proses peluncuran produk baru. Sebuah bentuk desain sangatlah berpengaruh dalam sebuah promosi dan pengenalan brand name, apalagi bentuk-bentuk desain yang unik dan menarik dapat mendongkrak angka penjualan produk tersebut, sebuah desain yang menarik juga akan mampu mengundang dan memberikan rasa ingin tau kepada masyarakat untuk lebih mengenal produk atau barang tersebut secara lebih detail. Tugas dan tanggung jawab ini tidak lepas dari seorang creative design yang ditunjang pula dengan kemampuan kreatifitas yang mampu memberikan hasil akhir yang memuaskan dan berkualitas. Jika sebuah desain iklan yang dipromosikan dapat dikatakan berhasil atau sempurna, apabila desain tersebut memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 1. Desain tersebut mampu menarik perhatian publik serta mudah untuk diterima dengan segala bentuk penyampaian desain iklan tersebut. 2. Menampilkan ide-ide penggunaan ilustrasi, warna, gambar, atau foto. 3. Adanya keseimbangan penggunaan jenis dan huruf yang tepat, serta stuktur teks yang jelas,singkat, dan komunikatif 4. Mampu menciptakan adanya kebutuhan rasa untuk memiliki produk tersebut, dan mengenangnya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 22 Aug 2013 00:59
    Last Modified: 22 Aug 2013 00:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10331

    Actions (login required)

    View Item