Pengaruh Keterbukaan Informasi Mengenai Rencana Penggunaan Dana Hasil Penawaran Dalam Prospektus Pada Underpricing Saat Penawaran Saham Perdana Di Indonesia

Prasetyo , Andi (2010) Pengaruh Keterbukaan Informasi Mengenai Rencana Penggunaan Dana Hasil Penawaran Dalam Prospektus Pada Underpricing Saat Penawaran Saham Perdana Di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (768Kb)

    Abstract

    Pasar modal merupakan sumber pembiayaan dunia usaha dan alternatif investasi pada sektor sekuritas bagi investor. Penawaran umum perdana terjadi untuk perusahaan yang baru pertama kali menerbitkan dan menjual sekuritasnya ke publik atau belum mempunyai sekuritas yang beredar dipasar modal. Ada dua kemungkinan harga-harga di pasar perdana, yaitu harga tersebut overpricing atau underpricing. Jika underpricing terjadi harga saham perdana lebih kecil dari pada harga yang terjadi pada saat saham tersebut mulai diperdagangkan dipasar sekunder, maka investor berkesempatan memperoleh initial return yang positif. Pada penelitian ini underpricing merupakan proksi dari keputusan investasi, yaitu selisih positif antara harga penawaran dengan harga penutupan dipasar sekunder pada perdagangan hari perdana. Harga saham perdana seharusnya mencerminkan informasi yang tersedia. Informasi tersebut disusun dalam bentuk prospektus. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Keterbukaan Informasi Mengenai Rencana Pengunaan Dana Hasil Penawaran Terhadap Underpricing Saat Penawaran Saham Perdana Di Indonesia” Studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2003-2007. Informasi pada penelitian ini terdiri dari informasi umum dan spesifikasi informasi dalam prospektus. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dan untuk perhitungannya menggunakan program SPSS. Hipotesis diuji dengan menggunakan Uji F dan Uji t dengan derajat signifikansi 5%. Hasil uji F dalam penelitian ini menunjukkan bahwa informasi prospektus umum yang diukur dengan umur perusahaan, persentase penawaran saham, reputasi penjamin emisi, dan reputasi auditor serta informasi spesifikasi yang diukur dengan spesifikasi hutang, spesifikasi akuisisi dan ekspansi, spesifikasi penelitian dan pengembangan, spesifikasi modal kerja, dan spesifikasi lain-lain secara simultan tidak berpengaruh terhadap underpricing. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa informasi prospektus umum yang diukur dengan umur, persentase penawaran saham, penjamin emisi, dan auditor serta informasi spesifikasi yang diukur dengan spesifikasi hutang, spesifikasi akuisisi dan ekspansi, spesifikasi penelitian dan pengembangan, spesifikasi modal kerja, dan spesifikasi lain-lain secara parsial tidak berpengaruh terhadap underpricing. Kata kunci: keterbukaan informasi, penggunaan dana, underpricing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 22 Aug 2013 00:49
    Last Modified: 22 Aug 2013 00:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10326

    Actions (login required)

    View Item