PEMBUATAN DESAIN GRAFIS DI BAGIAN KREATIF LEMBAGA STUDI DESAIN (LESTUDE)

Nur, Fatwa Aziz (2010) PEMBUATAN DESAIN GRAFIS DI BAGIAN KREATIF LEMBAGA STUDI DESAIN (LESTUDE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (301Kb)

    Abstract

    Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang cukup pesat dan tentunya dengan persaingan yang sangat ketat pula. Salah satunya adalah industri periklanan. Iklan dimanfaatkan oleh kalangan produsen untuk mendapatkan perhatian dari kalangan konsumen yang sebanyak-banyaknya demi mendapatkan keuntungan. Bisnis periklanan dalam perkembangannya, seolah-olah menjadi bagian yang terpenting dari proses pemasaran yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Tatkala media cetak baru dikenal, kandungan iklan hanya sebatas mengumumkan atau memperkenalkan sesuatu. Dalam perkembangannya kemudian, penampilan iklan pun terus disempurnakan dengan memadukan seni dan teknologi seraya menambahkan unsur persuasi ke dalamnya. Desain grafis merupakan salah satu unsur yang penting di dalam suatu iklan. Karena dengan di dukung dengan adanya suatu desain grafis yang menarik maka iklan akan mendapatkan perhatian dari para masyarakat / konsumen. Desain pada dasarnya adalah hasil penyusunan pengalaman visual dan emosional dengan memperhatikan elemen-elemen desain yang dituangkan dalam satu kesatuan komposisi yang mantap. Salah satu proses desain sering juga disebut proses desain grafis. Desain grafis adalah suatu bidang yang penuh tantangan kreatif dan artistik yang juga dikatakan sebagai desain komunikasi visual. Karena pada umumnya desain grafis menggunkan gambar, foto, symbol, dan berbagai macam bahasa untuk mendukung pesan yang akan disampaikan. Desain grafis bermula sebagai penyempurnaan penampilan dari suatu karya yang masih nampak sederhana sampai terbentuk karya yang lebih bernilai kreatif dan imajinatif. Sehingga pesan yang akan disampaikan lebih menarik dan dapat ditangkap oleh khalayak. Suatu karya desaindapat terlihat kreatif dan imajinatif, sangat tergantung kepada ide dari seorang desainer grafis. Karya desain grafis dapat bernilai lebih jika seorang desainer dapat mewujudkan apa yang menjadi keinginan khalayak dan karya tersebut dapat diterima oleh khalayak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 828 not found.
    Date Deposited: 22 Aug 2013 00:00
    Last Modified: 22 Aug 2013 00:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10315

    Actions (login required)

    View Item