HAZARD IDENTIFIKASI DAN RISK ASSESMENT DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT RISIKO DI BAGIAN PRODUKSI PT. BINA GUNA KUMIA UNGARAN SEMARANG

Puspitasari, Nindya (2010) HAZARD IDENTIFIKASI DAN RISK ASSESMENT DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT RISIKO DI BAGIAN PRODUKSI PT. BINA GUNA KUMIA UNGARAN SEMARANG. Other thesis, Univeritas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (206Kb)

    Abstract

    Nindya Puspitasari, 2010. HAZARD IDENTIFIKASI DAN RISK ASSESMENT DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT RISIKO DI BAGIAN PRODUKSI PT. BINA GUNA KIMIA UNGARAN, SEMARANG, JAWA TENGAH. Program D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. PT. Bina Guna Kimia Ungaran merupakan perusahaan yang memproduksi pestisida dalam sektor pertanian dan perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam mencegah kecelakaan kerja dengan mengidentifikasi potensi bahaya yang ada, menetapkan resiko serta mengupayakan metode pengendalian yang tepat pada proses produksi di PT. Bina Guna Kimia Ungaran. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa di tempat kerja terdapat proses produksi yang menyebabkan potensi bahaya dan faktor. Maka dari itu PT. Bina Guna Kimia Ungaran mengadakan identifikasi bahaya, penilaian risiko, dan upaya pengendalian untuk mengurangi/menurunkan resiko tersebut. Sejalan dengan masalah dan tujuan penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan metode yang digunakan adalah metode diskriptif yaitu metode yang memberikan gambaran yang jelas tentang identufikasi bahaya, penlaian risiko, dan pengendalian risiko di bagian produksi PT. Bina Guna Kimia. Dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian didapatkan berbagai gambaran potensi bahaya yang terdapat di bagian produksi PT. Bina Guna Kimia Ungaran, hasil penilaian risiko di bagian produksi termasuk dalam kategori sedang karena usaha pengendalian dan perbaikan sudah dilakukan seiring dengan penurunan tingkat risiko dan setelah diadakan pengendalian hasil penilaian risiko menjadi ringan. Kesimpulan yang didapat adalah bagian di produksi PT. Bin Guna Kimia Ungaran berdasar pada Permenaker RI No.05/MEN/1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) telah menerapkan Hazard Identifikasi dan Risk Assesment sebagai upaya awal pengendalian dan pencegahan kecelakaan kerja. Dan untuk menetapkan pelaksanaan program diadakan training tentang Hazard Identifikasi dan Risk Assesment serta pentingnya dalam penggunaan APD kepada tenaga kerja agar mendapatkan pemahaman yang jelas. Kata kunci : Identifikasi bahaya, penilaian risiko Kepustakaan : 7, 1984-2008.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: BP Mahardika
    Date Deposited: 21 Aug 2013 23:54
    Last Modified: 21 Aug 2013 23:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10313

    Actions (login required)

    View Item