PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO

Sartono, Slamet (2007) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMK NEGERI 3 PURWOKERTO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (406Kb)

    Abstract

    Slamet Sartono, S 8104040. “Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Pendekatan Experiential Learning Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto”. Tesis Surakarta : Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.Juli 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perencanaan pembelajaran dengan pendekatan experiential learning pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto, (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan experiential learning pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto, (3) Evaluasi pembelajaran dengan pendekatan experiential learning pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan Pendekatan Kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 3 Purwokerto. Waktu keseluruhan pelaksanaan penelitian mulai Juli 2007 hingga November 2007. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara yang hasilnya dituangkan ke dalam catatan lapangan, serta diuji keabsahan datanya dengan perpanjangan waktu, ketekunan, pengamatan, triangulasi, dan auditing. Adapun teknik analisis dengan analisis antarkasus (cross-site analysis). Pada tiap kasusnya proses analisisnya akan dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif. Dalam model analisis ini, tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasinya, aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Dalam melaksanakan proses ini, peneliti aktivitasnya tetap bergerak di antara komponen analisis dengan pengumpulan datanya selama proses pengumpulan data masih berlangsung. Kemudian selanjutnya peneliti hanya bergerak di antara tiga komponen analisis tersebut sesudah pengumpulan data selesai pada setiap unitnya dengan menggunakan waktu yang masih tersisa dalam penelitian ini. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan experiential learning pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 3 Purwokerto dapat dilihat dalam tiga hal : yaitu 1. guru membuat rencana pembelajaran berupa lesson plan, spider web dan weekly. 2. pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam empat tahap, yaitu pengantar, pelaksanaan, debriefing dan rangkuman. 3. evaluasi pembelajaran dilaksanakan melalui evaluasi proses dan hasil. Peningkatan kualitas pembelajaran ditandai dengan pembelajaran : 1. siswa aktif 2. menyenangkan 3. melatih kerjasama kelompok 4. berpusat pada siswa 5. meningkatkan tanggung jawab 6. informatif dan komunikatif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 21 Aug 2013 23:12
    Last Modified: 21 Aug 2013 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10306

    Actions (login required)

    View Item