IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI KERJA PIMPINAN DALAM MEWUJUDKAN MISI PERUSAHAAN DI PT PLN (PERSERO) APJ SURAKARTA

Kusuma FM, Satria (2008) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI KERJA PIMPINAN DALAM MEWUJUDKAN MISI PERUSAHAAN DI PT PLN (PERSERO) APJ SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (548Kb)

    Abstract

    SATRIA KUSUMA FAJAR MAHARDIKA S. 230906013 IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA (Suatu Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Iklim Komunikasi Organisasi dan Implikasinya Terhadap Motivasi kerja Pimpinan Dalam Mewujudkan Misi Perusahaan di PT PLN (Persero) APJ Surakarta). Tesis: Program Studi Ilmu Komunikasi, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Iklim Komunikasi Organisasi dan Motivasi Kerja Pimpinan dalam Mewujudkan Misi Perusahaan PT PLN (Persero) APJ Surakarta. Penelitian ini tergolong studi deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di PT PLN (Persero) APJ Surakarta. Data dalam penelitian berupa selain dari sumber tertulis yaitu, buku, arsip, jurnal, dokumen, serta sumber tertulis lainnya yang terkait, juga kata-kata atau pernyataan dari informan yang diperoleh melalui wawancara mendalam. Wawancara mendalam dilakukan berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disusun dan digunakan sebagai pedoman wawancara saja. Daftar wawancara difokuskan pada pokok-pokok persoalan tertentu yang mencakup tema pokok penelitian. Analisis datanya mempergunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi data, sajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Uji validitas data mempergunakan teknik Triangulasi merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan perbandingan atau kroscek terhadap data yang telah diperoleh. Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan bahwa di PT PLN (Persero) APJ Surakarta iklim komunikasi yang tercipta mampu mendukung motivasi kerja pimpinan sehingga dapat mewujudkan misi perusahaan, hal tersebut antara lain karena adanya faktor kepercayaan, dukungan, keterusterangan, keterbukaan, kejujuran, diantara para pimpinan level atas, menengah dan bawah itu sendiri. Sedangkan iklim organisasi yang terbentuk didukung oleh adanya faktor tanggung jawab, manajemen atau struktur organisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, serta terdapatnya motivasi kerja pimpinan yang baik sehingga persoalan- persoalan yang ada dapat teratasi dengan adanya kekompakkan tim kerja sehingga upaya dalam mewujudkan misi perusahaan bisa berhasil dengan baik pula.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 21 Aug 2013 23:41
    Last Modified: 21 Aug 2013 23:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10293

    Actions (login required)

    View Item