IDENTIFIKASI BAHAYA, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO DI UNIT DESTILASI ATMOSFERIS PENGOLAHAN MINYAK PUSDIKLAT MIGAS CEPU

Abrianto, Oktavianus Roy (2011) IDENTIFIKASI BAHAYA, PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO DI UNIT DESTILASI ATMOSFERIS PENGOLAHAN MINYAK PUSDIKLAT MIGAS CEPU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (907Kb)

    Abstract

    Tujuan : Pusdiklat Migas Cepu merupakan pusat pendidikan minyak dan gas bumi serta pengolahan minyak mentah menjadi produk jadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaan dalam mencegah kecelakaan kerja dan penyakit kerja dengan mengidentifikasi bahaya yang ada, menetapkan risiko dan mengupayakan metode pengendalian yang tepat pada Unit Destilasi Atmosferis Pengolahan Minyak Pudiklat Migas Cepu. Metode : Kerangka penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang memberikan gambaran jelas tentang identifikasi bahaya, penilaian dan pengendalian risiko pada Unit Destilasi Atmosferis Pengo lahan Minyak Pusdiklat Migas Cepu. Data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsng ditempat kerja. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen dan catatan perusahaan, serta studi kepustakaan. Hasil : Hasil yang diperoleh di Unit Destilasi Atmosferis Pusdiklat Migas Cepu diketahui bahwa tingkat bahaya tinggi adalah peledakan dan kebakaran, tingkat bahaya sedang adalah terpeleset, terjatuh, tersengat aliran listrik dan terpapar panas, dan tingkat bahaya tinggi adalah tersandung, terciprat oli kiriman, dan kebocoran minyak. Serta telah dilakukan upaya pengendalian bahaya dan pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Simpulan : Perusahaan belum melaksanakan identifikasi bahaya dan penilaian risiko pada Unit Destilasi Atmosferis, tetapi telah melakukan pengendalian risiko. Saran yang diberikan adalah perlu dibuat form IBPR secara berkala untuk memonitoring potensi dan faktor bahaya setiap unit pendukung dan unit proses dari proses Unit Destilasi Atmosferis Pengolahan Minyak Pusdiklat Migas Cepu. Kata Kunci : Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, Pengendalian Risiko.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Lia Primadani
    Date Deposited: 21 Aug 2013 21:27
    Last Modified: 21 Aug 2013 21:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10277

    Actions (login required)

    View Item